Sukses

SBY Minta Pengungsi Kelud Belajar dari Sinabung

SBY menjanjikan pemerintah akan menanggung seluruh kerusakan. Baik itu rumah, sawah, ternak hingga infrastruktur lainnya.

Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpesan pada pengungsi korban letusan Gunung Kelud bersabar di lokasi pengungsian. SBY pun meminta pengungsi Kelud belajar dari peristiwa letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara.
 
"Saat Gunung Sinabung meletus, kami sudah memperingatkan warga setempat untuk tak terburu pulang. Tapi masih ada yang nekat pulang, akhirnya terjadi kejadian yang tak diinginkan," kata SBY saat berkunjung di lokasi pengungsian di Koperasi Sae Pujon, Malang, Jawa Timur, Selasa (18/2/2014).

Saat letusan Sinabung, sejumlah warga nekat kembali ke zona merah atau radius di bawah 10 kilometer. Tiba-tiba awan panas menghampar dan menewaskan 17 orang.

SBY menjanjikan pemerintah akan menanggung seluruh kerusakan. Baik itu rumah, sawah, ternak hingga infrastruktur lainnya. Karena itu, pengungsi lebih baik mematuhi semua imbauan petugas agar tak kembali ke rumah.

"Bapak dan ibu lebih baik bersabar dulu di tempat pengungsian. Kalau kerusakan rumah dan sebagainya itu masih bisa diperbaiki. Lebih baik utamakan keselamatan jiwa," kata SBY.

SBY bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono tampak didampingi sejumlah menteri seperti Menteri Pendidikan M Nuh, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Menko Kesra Agung Laksono.

Pesan yang disampaikan SBY di hadapan para pengungsi berlangsung sekitar 8 menit. Usai menyampaikan pesan, SBY beserta rombongan memantau langsung lokasi pengungsian. Mulai dari posko kesehatan, dapur umum, dan posko logistik.
 
SBY juga mengucapkan terima kasih pada seluruh aparat TNI, Polri, PMI, BPBD, dan berbagai kelompok relawan yang sudah bekerja keras demi para pengungsi. "Terima kasih pada semua relawan yang bekerja keras, baik saat proses evakuasi hingga penanganan di lokasi pengungsian," ujar SBY.

Usai memantau lokasi pengungsian dan menyampaikan pesan pada para pengungsi, SBY melanjutkan perjalanan menuju GOR Ganesha Kota Batu. Di tempat tersebut SBY juga memaparkan pesan kepada para pengungsi. (Ism/Sss)

Baca juga:

Korban Tewas Sinabung Bertambah Jadi 17 Orang
Balita Pengungsi Gunung Kelud Butuh Susu Balita, Bukan Formula
[VIDEO] Abu Vulkanik Kelud Disulap Jadi Lukisan Indah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini