Sukses

Tentara China Kini Lebih Gemuk, Sulit Masuk Tank

Pihak militer China mengatakan tentara negara itu saat ini semakin gemuk dan bertambah tinggi dalam 20 tahun terakhir.

Pihak militer China mengatakan tentara negara itu saat ini semakin gemuk dan bertambah tinggi dalam 20 tahun terakhir. Akibatnya, mereka sulit untuk masuk ke dalam tank dan perlengkapan militer lainnya.

Survei yang dilakukan terhadap 20 ribu tentara yang dimulai pada 2009 menunjukkan tentara China lebih tinggi 2 centimeter dengan ukuran pinggang lebih lebar 5 centimeter. Demikian dilansir surat kabar Tentara Pembebasan Rakyat seperti dikutip BBC, Selasa 18 Februari 2014.

Surat kabar resmi militer China itu juga mengatakan perlengkapan senjata yang ada saat ini terlalu kecil dan perlu dirancang ulang. Selain senjata, yang juga harus dirancang ulang adalah perlengkapan militer.

Sebab, lebih besarnya ukuran fisik tentara ini menyebabkan terlalu sesak bila mereka harus ditempatkan di dalam tank-tank yang dirancang 30 tahun lalu.

China memiliki anggaran terbesar kedua untuk militer di dunia setelah Amerika Serikat. China juga banyak membeli pesawat baru, kapal, tank dan berbagai persenjataan. Tentara China yang berjumlah 2,3 juta personel merupakan yang terbesar di dunia. (Ado)

Baca juga:

`Sengketa` KRI Usman-Harun
Sosok Usman dan Harun di Balik Ketegangan RI-Singapura
Penamaan Usman-Harun Sesuai Prosedur, RI Tak Perlu Menjelaskan
25 Tahun Kerja Sama TNI-Singaporean Army Bakal Kandas?



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.