Sukses

Ahok, Deddy Mizwar, Rano Karno Kumpul Bahas RUU Megapolitan

Para kepala daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur berkumpul berkumpul bersama dalam satu meja.

Para kepala daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur berkumpul. Di antara yang hadir tampak Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Wagub Banten Rano Karno, dan Wagub Jabar Deddy Mizwar.

Mereka akan membahas usulan pembentukan RUU Megapolitan Pengelolaan Wilayah Terpadu Jabodetabekjur. Ketua Tim Ahli RUU Jabotabekjur Nandang Najmulmunir mengungkapkan, ada 4 masalah yang membelit wilayah-wilayah ini.

Masalah pertama, lanjut dia, adalah isu kependudukan tata ruang dan degradasi lingkungan. Kedua, isu tata air dan ketersediaan air dan banjir.

"Seperti defisit air bersih di Jakarta dan perkiraan meningkatnya permukaan air laut DKI Jakarta. Setiap 10 tahun, permukaan tanah di Jakarta ambles 10 meter. Permukaan air laut di tahun 2070 diprediksi naik 90 cm," ujar Nandang di Gedung DPD, Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Masalah ketiga, sambung Nandang, adalah isu transportasi dan kemacetan. Kemudian, masalah terakhir adalah isu kelembagaan yang lemah. "Terdapat 2,5 juta warga DKI yang commuter (pelaju). Siang jumlah penduduk DKI 12,1 juta jiwa, sedangkan malam 9,6 juta jiwa," ungkapnya.

Selain Ahok, Rano Karno, dan Deddy Mizwar, kepala daerah yang tampak hadir, antara lain Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru'yat, Wakil Bupati Bogor Nurhayanti, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, dan Wakil Bupati Cianjur Suranto. (Ndy/Yus)

Baca juga:
Siapkan BUMD Transjakarta, Ahok: Supaya Operator Tak Dikte Kita
Alasan Jokowi-Ahok Pilih Orang Perhutani di Direksi Transjakarta
Haji Lulung Sindir Jokowi-Ahok Atasi Banjir Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini