Sukses

Adu Visi, Peserta Konvensi Capres Demokrat Didandani Adat Bali

Sebanyak 11 peserta akan menjadikan ajang ini sebagai arena beradu visi terkait pariwisata di Bali.

Konvensi Partai Demokrat (PD) akan dilaksanakan di Hotel Aston Bali, 18 Februari mendatang. Sebanyak 11 peserta akan menjadikan ajang ini sebagai arena beradu visi terkait pariwisata di Bali. Uniknya, para peserta capres Konvensi Partai Demokrat itu akan didandani ala Bali.

Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta menuturkan, 11 capres Konvensi Partai Demokrat itu akan mengenakan pakaian ala Bali, lengkap dengan udeng atau topi khas untuk sembahyang dan saput atau ikat pinggang dari kain. "Kita menyambutnya sesuai dengan nilai local genius Bali," kata Mudarta di Denpasar, Jumat (13/2/2014).

Selain itu, kata Mudarta, saat memaparkan visi misinya, 11 capres itu akan diritual terlebih dahulu. Di meja masing-masing peserta, akan diberikan banten (sesajian) dan dibakarkan dupa. "Tujuannya adalah bahwa pemaparan visi misi ini tak hanya disaksikan undangan, tokoh dan kader, tetapi juga Tuhan," tegas Mudarta.

Menurut Mudarta, apa yang dilakukan DPD Partai Demokrat Bali merupakan penjabaran local genius Bali yakni konsep Tri Hita Karana--hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhan. "Itulah filosofi konsepnya. Kami sudah tawarkan ke pusat konsep tersebut."

"Tujuannya agar apa yang disampaikan nanti benar-benar keluar dari hati para peserta," sambung Mudarta.

Mudarta mengaku para bakal capres itu akan memaparkan soal adat, budaya dan pariwisata. Lagi-lagi hal itu disesuaikan lantaran 3 hal tersebut sangat kuat di Bali. "Kami berharap kepada mereka nanti sungguh-sungguh mengedepankan visi untuk pariwisata, adat dan budaya," harapnya.

Baginya, pariwisata Bali yang berpegang kuat adat dan budaya mempunyai kontribusi besar untuk pendapatan negara. Maka itu pariwisata menjadi sangatlah penting. Bahkan, citra suatu negara bisa ditentukan atas kemajuan pariwisata suatu negara itu sendiri.

Menurut rencana, Konvensi Capres Partai Demokrat yang ke-5 ini akan dihadiri 1.500 undangan resmi. "Untuk simpatisan dan warga, kami sediakan space dan layar lebar di luar gedung," imbuh Mudarta. Sementara, para peserta telah mengkonfirmasi kehadiran mereka. (Rmn/Sss)

Baca juga:

Pramono Edhie: Pemimpin Tak Boleh Asing di Negerinya Sendiri
Gita Wirjawan: Ini yang Terbaik untuk Partai Demokrat
Keyakinan Endriartono Sutarto Menangi Konvensi Capres Demokrat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini