Sukses

Abu Kelud, 1.766 Warga Malang Sakit Flu, Batuk, Sesak Nafas

Selain itu, ada 2 pengungsi yang dikabarkan melahirkan.

Korban terdampak letusan Gunung Kelud terus bertambah. Sejak Jumat 14 Februari 2014 kemarin sampai Sabtu siang ini, tercatat 7 orang meninggal dunia dan 1.766 lainnya sakit di Malang.

"Sampai hari ini ada 7. Dari 7 itu, 2 karena tertimpa reruntuhan rumah. Lainnya karena ada yang sakit jantung atau faktor usia. Korban jiwa ini data sejak kemarin itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Mursyidah di posko pengungsian Pujon, Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/2/2014).

Dia menjelaskan, ada sekitar 1.048 warga di wilayah Pujon yang sakit. 31 Di antaranya terpaksa menjalani rawat inap. Di wilayah Kasembon, ada 718 jiwa sakit dan 14 orang terpaksa dirawat inap. Sehingga total yang sakit yakni 1.766 orang.

"Rata-rata sakit karena batuk, pilek dan sejenisnya. Sementara yang dirawat inap itu sebagian besar berusia lanjut dan menderita sesak nafas," papar Mursydah.

Selain itu, ada 2 pengungsi yang dikabarkan melahirkan. Keduanya menjalani proses persalinan di rumah sakit di Kota Batu. Kedua ibu yang melahirkan tersebut saat ini dirawat di rumah sakit setempat.

"Sekarang kami masih harus berkeliling ke posko-posko untuk memantau langsung kondisi pengungsi," tandas Mursyidah.

Hingga hari ini, jumlah penduduk Kabupaten Malang yang mengungsi diperkirakan mencapai 17 ribu jiwa. Mereka tersebar di berbagai titik lokasi pengungsian. (Riz/Sss)

Baca juga:

Bantu Korban Letusan Kelud, 5.000 Personel TNI Diterjunkan
[VIDEO] Hirup Abu Kelud, 5 Pengungsi Pingsan
Muntahan Abu Gunung Kelud Sudah Sampai Bogor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini