Sukses

Dampak TPPU Wawan, PPATK: Orang Sakit Jadi Tak Bisa Berobat

PPATK menilai praktik TPPU bisa membuat hancur, karena ada jembatan yang tidak bisa dibangun dan orang sakit tak bisa berobat.

Dugaan aliran dana yang melibatkan Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan dengan sejumlah artis membuat Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) geram. Sebab, di balik pemberian mobil-mobil mewah yang diberikan itu, terjadi kehancuran.

"Buat kami, di balik TPPU ada kehancuran, di balik mobil yang diberikan ada jembatan yang jadinya nggak bisa dibangun, orang sakit tak bisa berobat," ujar Direktur Pemeriksaan dan Riset PPATK, Ivan Yustiavandana dalam diskusi di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (15/2/2014).

Karena ada orang yang dirugikan, Ivan menegaskan tak peduli status penerima aliran dana korupsi, yang penting harus ditindak tegas. Apalagi hal itu sudah tertuang dalam UU TPPU di mana ada klausul, akan ada sanksi bagi orang yang tahu dan diduga tahu dana korupsi.

"Yang dibangun ini kekayaan pribadi dia. Jadi, jangan berpolemik dia artis atau tidak. Kalau ada TPPU mereka harus dihukum. Tak ada yang susah ditelusuri. Kesepakatannya adalah kita harus sepakat TPPU jahat luar biasa. Dia menghancurkan," tegas Ivan.

Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai langkah KPK memanggil sejumlah artis yang diduga menerima aliran dana dari tersangka koruptor sudah tepat. Pemanggilan itu bertujuan untuk memperjelas adakah relasi yang dimiliki antara artis dan koruptor.

"Jadi memang harus diperiksa relasi si artis ini (dengan koruptor). Setidaknya ada 3 relasi yang dimiliki," jelas Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW, Ade Irawan di tempat yang sama.

Relasi yang dimaksud adalah relasi hedonis, relasi profesional, atau relasi legal dari sisi agama. Menurut Ade, dari relasi tersebut, yang paling berbahaya adalah relasi legal. Dalam kasus yang menimpa Tubagus Chaeri Wardana, sejumlah nama artis disebut-sebut menerima aliran dana.

"Relasi untuk hedon, suka-suka saja memberi rumah atau apartemen. Kedua, profesional, dibayar sesuai tarif. Ketiga legal dari sisi agama. Dia bisa jadi istri siri. Bisa saja dia diberi harta untuk sembunyikan harta koruptor. Istri siri bisa jadi tempat simpan harta. KPK harus pastikan relasi TCW (Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan) dengan para artis itu," paparnya. (Ado/Riz)

Baca juga:
Jennifer Dunn Tepis Kabar Punya Hubungan Asmara dengan Wawan
KPK Juga Periksa Artis Catherine Wilson Terkait Wawan
Hotman Paris: Jennifer Dunn Akui Mobil Vellfire dari Wawan
Tante Jennifer Dunn: Jika Ingin Bertemu, Besok Saja di KPK
Telusuri Kasus Korupsi Wawan, KPK Kembali Sita 6 Mobil Mewah


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini