Sukses

Rayakan Cap Go Meh, Ahok Pulang Kampung dengan Anak Lelakinya

Kepulangan Wakil Gubernur DKI Jakarta ke kampung halamannya kali ini cukup berbeda. Mengapa demikian? Ini penjelasannya.

Kepulangan Wakil Gubernur DKI Jakarta ke kampung halamannya kali ini cukup berbeda. Pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu ternyata merayakan Cap Go Meh di daerah asalnya, Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hanya didampingi putra pertamanya, Nicholas, ia mengunjungi Vihara Dharma Suci yang terletak di Kota Manggar. Perjalanan menuju vihara dari kediamannya di Desa Gantong memakan waktu sekitar 30 menit.

Setibanya di lokasi, gerbang vihara Konghucu yang disulap menjadi pasar malam rakyat menyambut pria yang karib disapa Ahok itu, begitu juga dengan warga Kota Manggar yang nampak tidak sabar melihat kedatangannya.

Kemudian adiknya yang merupakan Bupati Beltim, Basuri Tjahaja Purnama, pun menghampiri Ahok dan mengucapkan selamat datang. Ketika menuju masuk ke vihara, 4 barongsai siap beratraksi menyambutnya.

Lampion-lampion berwarna merah terang juga terlihat menghiasi bangunan Vihara tersebut. "Selamat datang di Belitung Timur," kata Basuri, Jumat (14/2/2014) malam.

Puluhan warga pun berkumpul mengelilingi kursi di mana Ahok, Basuri, dan beberapa SKPD Pemprov DKI yang ikut serta tengah menikmati atraksi Barongsai yang terus berusaha mencari perhatian Ahok. Tiba-tiba orang nomor 2 di DKI itu berdiri, lalu menyelipkan angpao pada salah satu Barongsai. Tidak lama kemudian, mereka menghentikan atraksinya dan berlalu diiringi tepuk tangan.

Setelah itu, Ahok pun memberikan sepatah kata untuk warga Belitung Timur yang hadir dalam perayaan Cap Go Meh.

"Kite lupa kapan terakhir ke sini. Tidak panjang-panjang, Kite minta doa dan dukungan bapak ibu semua supaye kite tidak buat Belitung malu di Jakarta," kata Ahok dalam bahasa melayu.

Lalu tiba lah pada acara puncak, beberapa orang terlihat menyiapkan kembang api. Kemudian, 'duaarr' satu persatu kembang api melesat ke udara dan meninggalkan titik-titik cahaya berwarna-warni dengan bunyi bersahutan. Ahok yang mengenakan polo shirt berwarna coklat terlihat bertepuk tangan dan tersenyum puas. (Tnt/Mhs)

Lihat juga:

Jelang Cap Go Meh, Warga Tionghoa Bogor Upacara Potong Lidah

Ribuan Warga Bogor Padati Pawai Cap Go Meh di Suryakencana

[VIDEO] Persiapan Cap Go Meh, Klenteng Pulau Kemaro Berhias



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa.

    Cap Go Meh

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini