Sukses

Bandara Abdurrahman Saleh Akan Dibuka Usai Hujan Abu Kelud Reda

Selama sehari ini pada Jumat 14 Februari, hujan abu membuat pengelola Bandara Abdurrahman Saleh memutuskan untuk menghentikan aktivitas.

Bandara Abdurrahman Saleh Malang, Jawa Timur ditutup untuk sementara waktu, dan akan beroperasi lagi jika cuaca membaik dan hujan abu mereda. Selama sehari ini pada Jumat 14 Februari, hujan abu membuat pengelola Bandara Abdurrahman Saleh memutuskan untuk menghentikan aktivitas.
 
"Mudah–mudahan besok cuaca membaik, hujan abu mereda sehingga penerbangan di Malang kembali normal," kata Kepala UPT Bandara Abdurrahman Saleh, Suharno melalui pesan tertulisnya yang diterima Liputan6.com, Jumat (14/2/2014).
 
Sehari ini, lanjut Suharno, jadwal penerbangan atau pun pendaratan sejumlah maskapai terhenti lantaran rute yang dilalui terkendala abu letusan.

"Hari ini semua jadwal dihentikan karena rute yang dilalui pesawat ke Malang terdampak abu erupsi Gunung Kelud," tutur Suharno.
 
Kementerian Perhubungan mengatakan terjadi gangguan di 33 rute penerbangan akibat erupsi Gunung Kelud yang terjadi sejak Kamis 13 Februari 2014 malam. Jumlah rute tersebut termasuk rute penerbangan internasional.
 
"Di rute penerbangan sebagian besar kena dampak. Ada 33 rute yang kena dampak penerbangan, 23 rute domestik dan 10 rute internasional," ujar Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti di Gedung Kemenhub Jakarta.

Di Bandara Abdurrahman Saleh, terdapat sejumlah rute penerbangan yakni Malang–Jakarta, Malang–Balikpapan serta Malang–Denpasar. (Tnt)

Baca juga:

Abu Kelud di Runway Adisucipto Setebal 5 cm

Wessel Rel Tertutup Abu Kelud 2 Cm, Kereta di Banyumas Terganggu

Bahaya Abu Kelud, Bus Purwokerto-Yogya Tak Beroperasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.