Sukses

Abu Kelud di <i>Runway</i> Adisucipto Setebal 5 cm

Abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, menutupi sebagian besar jalur runway pesawat terbang sejumlah bandara.

Abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, menutupi sebagian besar jalur runway atau landas pacu pesawat terbang sejumlah bandara. Jalur runway yang tertutup abu terparah terdapat di Bandara Adisucipto, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Paling kotor runway di Yogyakarta, setinggi 5 cm," ungkap Direktur Operasional PT Angkasa Pura I Yusan Sayuti di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Runway dengan tebal abu serupa terdapat di Bandara Juanda (Surabaya) dan Bandara Adisumarmo (Solo). Yusan mengatakan, sudah mendapat laporan runway di Bandara Adisumarmo sedang dibersihkan.

"Saya dapat laporan Solo sudah bersih-bersih runway, dibantu TNI AU dan petugas di sana. Bandara di Semarang tertutup abu tipis," jelasnya.

Dari bencana meletusnya Gunung Kelud, tak ada kerusakan yang menimpa bandara. Hanya saja ada sebagian debu yang masuk ke dalam terminal.

"Kerusakan nggak ada, cuma debu di runway. Terminal kemasukan debu sedikit karena penumpang yang keluar-masuk," terang Yusan. (Mut/Ism)

Baca juga:
Gunung Kelud Meletus, Jarak Pandang di Trenggalek Hanya 50 Meter
Sebelum Kelud Meletus, 1 Jam Tulungagung Digoyang 12 Kali Gempa
Warga Kediri: Kelud Meletus, Hujan Pasir Deras Kayak Air

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.