Sukses

Bantu Evakuasi di Gunung Kelud, Kopassus Kerahkan Panser Khusus

Kopassus kirim lagi pasukan untuk membantu proses evakuasi di Gunung Kelud.

Kopassus kirim pasukan untuk membantu proses evakuasi di Gunung Kelud. Seperti halnya saat evakuasi erupsi Gunung Merapi, korps Baret Merah itu juga mengerahkan kendaraan khusus Hagglunds untuk evakuasi di daerah yang tidak tersentuh kendaraan biasa.

Pelepasan 25 personel Kopassus ke Gunung Kelud itu dipimpin Danjen Kopassus Mayjen Agus Sutomo di Markas Kopassus Grup-2 Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (14/02/2014). Rombongan pertama yang dikirim adalah pasukan yang terdiri dari dokter dan tim medis.

"Pasukan pertama yang dikirim terdapat 25 personel. Pasukan itu membawa sejumlah paket obat-obatan dan masker untuk diberikan kepada para korban letusan Gunung Kelud," kata Mayjen Agus di Markas Kopassus Grup-2 Kandang Menjangan.

Kepada para prajurit yang bertugas ke Gunung Kelud, Agus berpesan agar membantu dan meringankan korban letusan Kelud. Untuk itu, para personel dibekali logistik untuk kebutuhan selama 10 hari ke depan.

"Kehadiran pasukan Kopassus jangan sampai membebani masyarakat, tetapi harus membantu masyarakat," jelas Agus.

Selain mengirim pasukan, lanjut dia, pihaknya juga mengerahkan satu unit kendaraan Hagglunds. Kendaraan panser khusus ini, pernah digunakan saat erupsi Gunung Merapi pada 2010 lalu.

"Dengan Hagglunds, daerah yang tidak bisa dilalui kendaraan biasa, bisa dilaluinya. Ini sangat membantu sekali untuk evakuasi di daerah-daerah yang rawan," ucap Agus.

Rencananya, Kopassus kembali mengirimkan kendaraan Hagglunds tersebut. Selain di markas Kopassus Grup-2 Kandang Menjangan, ada 2 unit Hagglunds di markas Cijantung.

"Sore ini satu unit akan kita kirimkan ke Kandang Menjangan. Nanti Hagglunds ini juga akan menyusul untuk diberangkatkan menuju Gunung Kelud," jelas Agus. (Tnt/Ali)

Baca juga:

TNI AD Siapkan 1.420 Personel Bantu Evakuasi Korban Gunung Kelud

Kelud Meletus, Tiket KA Kelas Ekonomi Jakarta-Jatim pun Ludes

Abu Kelud di Runway Adisucipto Setebal 5 cm



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini