Sukses

Abu Vulkanik Kelud Tutupi Jalan Protokol Yogyakarta

Kepulan asap setinggi 13 kilometer dari pusat letusan Gunung Kelud menutupi jalan protokol di Yogyakarta.

Citizen6, Yogyakarta: Abu vulkanik di yogyakarta yang berasal dari letusan Gunung Kelud, Jawa Timur (Jatim) dengan kepulan asap setinggi 13 kilometer dari pusat letusan berdampak pada kondisi jalan protokol di Yogya. Jalan protokol ditutupi debu vulkanik.

Seperti yang terlihat di Jalan Malioboro, Jalan Mangkubumi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Senopati hingga beberapa ruas jalan protokol lainnya, pada Jumat (14/2/2014) diselimuti abu vulkanik dengan ketebalan mencapai 6 sentimeter.

Untuk jarak pandang berkendara di perkirakan hanya mencapai 2-3 meter. Namun dari pantauan hingga saat ini intensitas hujan debu vulkanik sudah terhenti dibanding pada beberapa jam lalu.

Hujan abu vulkanik Kelud masuk wilayah Yogya terjadi pada Jumat (14/2/2014), pukul 03.00 WIB. Akibatnya aktivitas masyarakat terganggu termasuk sekolah, perkantoran, DPRD Provoinsi hingga penutupan Bandara Adi Sujipto Yogyakarta.

Kejadian itu juga melumpuhkan perekonomian kawasan wisata Malioboro dan beberapa pasar tradisional Bringharjo Yogyakarta. Ratusan pedagang kaki lima maupun toko di pasar tutup dan berdiam diri di rumah masing-masing.

Hingga Jumat sore tadi, abu vulkanik di sepanjang Jalan Parangtritis Yogya semakin tebal akibat abu yang mengendap tergerus kendaraan yang lewat. Akibatnya pengendara hanya dapat berjalan 20-40 km/jam dengan jarak pandang 1 meter.

Petugas kepolisian Polres Kota Yogyakarta sempat membersihkan jalan-jalan protokol khususnya kawasan Malioboro dengan menggunakan mobil water cannon, namun hingga kini debu vulkanik masih terus menempel di ruas jalan yang sempat di semprot air. (mar)

Penulis:
Iqbal Amar
Yogyakarta, iqbalamaxxx@gmail.com

Baca juga:
Warga Yogya Besihkan Abu Vulkanik Kelud di Jalanan
Indonesia dalam Darurat Bencana
Kelud Meletus, UNS Libur, Grobogan Lumpuh


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini