Sukses

Indonesia dalam Darurat Bencana

BNPB mencatat sebanyak 137 orang tewas dan, 1,1 juta lainnya mengungsi akibat bencana yang terjadi di Indonesia sejak awal Januari 2014.

Citizen6, Jakarta: Bencana sudah melanda sejumlah wilayah di Indonesia sejak awal 2014 lalu. Mulai dari banjir Jakarta,  Manado, Papua, Boyolali, Demak, Bungo (Jambi), Banjar (Kalsel), Cijengkol (Banten) dan Bekasi (Jabar). Tanah longsor di Lebak (Banten), Sukabumi (Jabar), puting beliung di Pringsewu (Lampung), Boyolali (Jateng), Karawang (Jabar). Tanggul jebol di Depok dan gempa Kebumen.  Erupsi Gunung Sinabung, Karo (Sumut) belum selesai lalu disusul Gunung Kelud hari ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 137 orang tewas dan, 1,1 juta lainnya mengungsi akibat bencana yang terjadi di Indonesia sejak awal Januari 2014. Bencana yang terjadi juga menimbulkan kerusakan parah dibeberapa fasilitas publik di sana.

Tercatat 1.234 rumah rusak berat, 273 rumah rusak sedang, dan 2.586 rumah rusak ringan serta kerusakan infrastruktur yang lainnya, seperti jalan, saluran irigasi dan lahan pertanian, dikutip bnpb.go.id.

Kondisi seperti ini membuat wilayah Indonesia dalam keadaan darurat. Dan saat ini baru saja terjadi melutusnya gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Kamis (13-2-2014) pukul 22.50 waktu setempat.

Dari letusan Gunung Kelud ini mengakibatkan hujan kerikil yang terjadi ke Simpang Lima Gumul, Pace dan Nganjuk. Serta abu vulkanik yang menyebar membuat jarak pandang di sejumlah wilayah seperti Jawa Tengah (Jateng) dan wilayah Yogyakarta menjadi terbatas.

Diperkirakan 2 orang tewas di wilayang Ngatang Magelang dan 18 orang lainnya dilaporkan masih hilang akibat letusan Gunung Kelud.

Bencana yang dialami Indonesia berturut-turut membuat banyak pihak prihatin dengan kondisi tersebut, sehingga banyak organisasi atau individu yang ingin membantu baik dalam sumbangan materi maupun menjadi relawan di tempat bencana.  
 
Penulis:
Yulia yulee
Jakarta, yuleeyuxxx@gmail.com

Baca juga:
Bau Belerang Gunung Kelud Tercium di Garut
Efek Abu Vulkanik Kelud, SD di Banyumas Libur
Gunung Kelud Meletus, Jalanan di Temanggung Memutih



Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.