Sukses

Gunung Kelud Meletus, Polisi Dirikan 18 Tenda Pengungsian

Polisi mendirikan 18 tenda untuk menampung para pengungsi yang menjadi korban letusan Gunung Kelud.

Polisi mendirikan tenda untuk menampung para pengungsi yang menjadi korban letusan Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kapolri Jenderal Pol Sutarman mengatakan, ada 18 tenda pengungsian yang didirikan polisi untuk para pengungsi. Tenda tersebut didirikan sebagai pertolongan pertama bagi para pengungsi dan telah dipersiapkan polisi sejak Gunung Kelud berstatus Awas atau Level IV.

"Anggota kita sudah bersiaga, saat ini sudah didirikan tenda di 18 titik di beberapa kabupaten sekemampuan kita. Sehingga kemarin ditingkatkan dari status Awas tadi malam kita imbau warga semalam untuk turun, akhirnya turun sebagian. Kemudian dari 8 letusan gunung, kita siapkan dan kita mendirikan tenda itu," ujar Sutarman di Mabes Polri, Jaksel, Jumat (14/2/2014).

Dia mengaku telah memerintahkan anak buahnya untuk melakukan pengamanan ekstra ketat. Terlebih setelah adanya kakek dan nenek yang masing-masing berusia 80 dan 70 tahun yang meninggal akibat tertimpa atap yang ambruk setelah diselimuti abu vulkanik.

"Tadi Presiden juga sudah mengumpulkan menteri-menteri dan institusi untuk memberikan pertolongan kepada para korban dan pengungsi Gunung Kelud," tandas dia. "Pelayanan Polri masih berjalan dan kita berikan untuk pengaman pertolongan. Sehingga bencana erupsi gunung meletus kita siap siagakan." (Riz/Sss)

Baca juga:

Daftar Kota yang Terkena Muntahan Abu Gunung Kelud
Gunung Kelud Meletus, 6 Bandara Ditutup dan KA Terlambat
Meletusnya Gunung Kelud Disorot Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini