Sukses

Efek Abu Vulkanik Kelud, SD di Banyumas Libur

Meski berada di Jawa Timur, abu vulkanik letusan Kelud mencapai provinsi tetangga bahkan sampai ke Banyumas, Jawa Tengah.

Citizen6, Banyumas: Gunung Kelud berada diperbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupatenn Blitar, dan Kabupaten Malang. Kira-kira sekian kilometer sebelah timur dari pusat Kota Kediri, Jawa Timur.

Kamis 13 Februari 2014, sekitar pukul 23.00 WIB, Gunung Kelud meletus dengan dahsyat. Meski berada di Jawa Timur, abu vulkanik letusan Kelud mencapai provinsi tetangga bahkan sampai ke Banyumas, Jawa Tengah.

Pagi tadi, Jumat (14/2/2014) cuaca Banyumas dan sekitarnya, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat terjadi hingga pukul 05.30 WIB. Selain hujan air, hujan abu juga terjadi pada saat yang bersamaan.

Setelah hujan air reda, suasana pagi menjelang pukul 06.00 WIB terlihat sangat lengang. Pagi hari seperti magrib, gelap sekali.

Abu yang turun hampir setebal 1 cm terlihat menempel di halaman rumah, atap rumah, dan dedaunan di pohon. semua warga belum berani membuka jendela rumah mereka. Di jalanan hanya terlihat satu dua anak sekolah lewat tetapi tak lama kemudian kembali lagi karena sekolah mereka libur.

Beberapa sekolah yang berada di Banyumas meliburkan siswanya karena hujan abu yang terus terjadi. Salah satu sekolah yang meliburkan siswa-siswinya adalah SD Islam Darul Falah Tambak Banyumas.

Melalui instruksi Kepala Sekolah, Slamet Prasetiya, para wali murid menginformasikan kepada seluruh siswanya melalui pesan singkat (sms) kepada orangtua mereka agar para siswa belajar dirumah masing-masing.

"Hal ini dilakukan guna mengantisipasi hal buruk yang terjadi," jelas Slamet.

Hingga pukul 10.00 WIB yang lalu, abu vulkanik masih turun tetapi dengan intensitas yang lebih ringan. Cuaca masih mendung tetapi sudah lebih terang dari pagi tadi.

Suasana masih lengang, karena warga masih beraktivitas di dalam rumah. Namun ada beberapa orang yang berusaha lewat menerobos hujan abu, akibatya langsung merasakan batuk. (mar)

Penulis:
Annisa Rahayu
Banyumas, aniisha.setiarxxx@gmail.com
Twitter: @anish_anisah



Baca juga:
Gunung Kelud Meletus, Jalanan di Temanggung Memutih
FSPBUN Bantu Korban Sinabung Rp 493 Juta
Sinabung: Mengenal Aliran Piroklastik dan Awan Panas


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.