Sukses

Kelud Meletus, 1.781 Warga Malang Mengungsi ke Kota Batu

Lokasi evakuasi di Ngantang dan Pujon Kabupaten Malang sudah kelebihan kapasitas.

Sebanyak 1.781 jiwa warga Malang mengungsi di 12 titik lokasi evakuasi di Kota Batu, Jawa Timur. Lantaran, lokasi evakuasi di Ngantang dan Pujon Kabupaten Malang sudah kelebihan kapasitas.

12 Titik lokasi evakuasi itu antara lain, GOR Ganesha, Gedung Graha Wangsa, Balai Desa Pesanggrahan, Sumberejo, SDK Sang Timur, Tapak Iman, Ngaglik, Songgokerto, Bima Sakti, Pandanrejo, Kecamatan Batu, KUD.

"Sekarang kami juga koordinasi dengan kantor Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, TNI, untuk antisipasi evakuasi di tempat mereka jika di Kota Batu sudah tak memungkinkan," kata Wakil Walikota Batu Punjul Santoso di GOR Ganesha Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (14/2/2014).

Di setiap titik lokasi evakuasi itu disiapkan seorang koordinator untuk memudahkan penanganan. Terutama terkait obat-obatan dan konsumsi bagi pengungsi.

Di GOR Ganesha misalnya, pengungsi juga menjalani pemeriksaan medis, guna memastikan kondisi kesehatan. Sebab, sebagian besar mengeluh masalah pada pernapasan.

"Rata-rata mengeluhkan pernapasan terganggu akibat debu vulkanik Kelud. Tim medis langsung memeriksa mereka," tegas Punjul.

Selain itu, seorang ibu dengan usia kehamilan 7 bulan harus dibawa ke Puskesmas Batu untuk penanganan. Perempuan teridentifikasi bernama Nungki (28) asal Desa Ngantru Kecamatan Ngantang itu syok akibat peristiwa ini.

"Sudah ditangani oleh bidan di puskesmas, tidak ada apa-apa. Ibu Nungki hanya syok saja adanya bencana ini," tandas Kepala Puskesmas Kecamatan Batu Dr Santoso. (Mvi/Sss)

Baca juga:

Detik-detik Meletusnya Gunung Kelud
Hujan Abu Erupsi Kelud di Surabaya, Jarak Pandang Sangat Terbatas
Surono: Tanda Alam, Harimau Turun Sebelum Kelud Meletus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.