Sukses

Surono: Tanda Alam, Harimau Turun Sebelum Kelud Meletus

"Alam memberi tanda sebentar lagi Gunung Kelud akan meletus," kata Surono di Kantor Presiden.

Staf Ahli Menteri ESDM Surono mengatakan tanda-tanda meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, sudah terlihat sejak Kamis 13 Februari sore. Tanda-tanda alam sudah menunjukkan gejala Gunung Kelud akan meletus.

"Kemarin sore ada tanda-tanda awal di Jatim, ada harimau di Gunung Kelud turun, ular turun, binatang-binatang turun. Alam memberi tanda sebentar lagi Gunung Kelud akan meletus," kata Surono di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Melihat tanda-tanda itu, Gunung Kelud yang berstatus Siaga sejak Senin 10 Februari dinaikkan menjadi Awas pada Kamis malam pukul 21.15 WIB.

"Status yang paling tinggi," tutur dia.

Kemudian, 1,5 jam setelah statusnya dinaikkan menjadi Awas, Gunung Kelud meletus. "Status Awas 21.15 WIB, pada 22.50 WIB meletus. 1,5 Jam berikutnya meletus," ujar Surono.

Menurut Surono, ketinggian semburan material vulkanik mencapai 17 kilometer. Sehingga, material yang dilontarkan itu mengganggu aktivitas penerbangan. (Eks/Sss)

Baca juga:

Detik-detik Meletusnya Gunung Kelud
Abu Vulkanik Gunung Kelud Hingga NTB
Abu Gunung Kelud Sampai ke Tasikmalaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini