Sukses

Cara Mendiknas M Nuh Tangkal Kebocoran Soal UN

Menteri Pendidikan Mohammad Nuh menyatakan akan mengambil sejumlah langkah untuk memperbaiki pelaksanaan UN.

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada 2013 banyak diwarnai kekisruhan. Baik mengenai telatnya distribusi soal dan lembar jawaban hingga pada kebocoran soal. Menteri Pendidikan Mohammad Nuh menyatakan akan mengambil sejumlah langkah untuk memperbaiki pelaksanaan UN.

Menurut Nuh, salah satunya yaitu dengan memberikan barcode yang sama pada naskah soal dan lembar jawaban UN tahun ini.

"Sekarang setiap naskah itu ada barcode. Jadi di naskah soal itu harus sama dengan barcode di lembar jawaban. Jadi lembar jawaban harus sama dengan barcode," kata Nuh di Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Dijelaskan Nuh, nantinya para murid peserta UN harus mengerjakan naskah soal dengan barcode yang sama pada lembar jawaban. Artinya naskah soal dan lembar jawaban tak akan tertukar dengan soal yang lain.

"Artinya kalau peserta UN dapat lembar jawaban A, lalu digarap naskah soal B, nah itu tidak cocok," tambah Nuh.

Nuh berpendapat, persamaan lembar jawaban dan soal itu bukan dilakukan untuk mencegah adanya jawaban UN yang bocor pada saat pelaksanaan UN.

"Tapi biar anak-anak khusuk mengerjakan dirinya sendiri. Supaya dia bisa konsentrasi dengan apa yang dia miliki," jelas Nuh. (Ali/Sss)

Baca juga:

Kabut Asap di Riau Menebal, 210 Sekolah Diliburkan

Siswa Berprestasi Bukan Dominasi Sekolah Favorit

Korban Erupsi Sinabung Dapat Beasiswa Hingga Perguruan Tinggi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.