Sukses

Korban Erupsi Sinabung Dapat Beasiswa Hingga Perguruan Tinggi

Tingkat SD Rp 1 juta per tahun, SMP Rp 1,5 juta per tahun, SMA/SMK Rp 2 juta per tahun, dan Perguruan Tinggi Rp 2,1 juta per semester.

Bantuan untuk pengungsi korban Erupsi Gunung Sinabung terus berdatangan. Bagi pelajar dan mahasiswa, pemerintah menyediakan beasiswa sampai perguruan tinggi.

"Beasiswa disalurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi," kata Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Fatchul Hadi di kantornya, Rabu (5/2/2014).

Fatchul mengatakan, jumlah beasiswa yang diberikan berbeda-beda. Tingkat SD Rp 1 juta per tahun, SMP Rp 1,5 juta per tahun, SMA/SMK Rp 2 juta per tahun, dan Perguruan Tinggi Rp 2,1 juta per semester. Untuk perguruan tinggi yang ditunjuk adalah Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

"Keduanya akan membebaskan SPP bagi siswa yang terdampak. Selain itu, USU juga memberi bimbingan belajar bagi siswa yang akan UN," lanjutnya.

Selain beasiswa, bantuan seragam sekolah, peralatan sekolah, tenda belajar, dan program trauma healing juga diberikan. Seluruh bantuan beasiswa diberikan pada 7 Februari 2014. "Bantuan ini menghabiskan dana Rp 4,6 miliar," tandas Fatchul Hadi.

Korban meninggal akibat erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, bertambah. Doni Sembiring (70 tahun) yang sempat dirawat di RS Efarian Etaham menghembuskan napas terakhir Rabu dini hari tadi pukul 03.00 WIB. Korban tewas mencapai 16 orang dan 1 orang terluka. Akibat bencana tersebut sekitar 30 ribu warga dari 34 desa mengungsi. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Letusan Sinabung Diprediksi Reda Awal Maret
Pekan Depan Pengungsi Sinabung Mulai Dipulangkan Bertahap
[VIDEO] Sinabung Masih Awas, Radius 5 Km Harus Dikosongkan
BNPB: Korban Tewas Erupsi Gunung Sinabung Jadi 16 Orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini