Sukses

Nebengers, Menambah Sahabat, Mengurangi Macet

Macet, sudah biasa dialami warga Jakarta setiap hari, setiap minggu, setiap bulan dan sepanjang tahun.

Citizen6, Jakarta: Macet, sudah biasa dialami warga Jakarta setiap hari, setiap minggu, setiap bulan dan sepanjang tahun. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya kendaraan pribadi dan minim transportasi publik. Kondisi ini mendorong Andreas Swasti untuk membentuk suatu komunitas @nebengers. 

Nebeng atau menumpang adalah aktivitas di mana kita ikut serta pada aktivitas orang lain seperti makan atau naik kendaraan tanpa harus membayar. Namun ada beberapa pemberi tebengan yang meminta share uang bensin serelanya. Beberapa pemberi tebengan hanya ingin share tentang cerita. Seperti yang dilakukan oleh @tupicz.

"@tupicz: #BeriTebengan|#Tangsel|Maruga-Trakindo Cilandak | via ciater-Tol-JORR-Cilandak |10 Feb 14, 06:30 |2 Seat| share cerita | @nebengers"

Nebengers komunitas yang menyediakan ruang untuk bertemunya para pemberi dan pencari tebengan. Rata-rata pemilik kendaraan yang memberi tumpangan bertujuan untuk mengoptimalkan ruang kosong dalam kendaraan pribadinya. Selain itu, semakin banyak yang menebeng, kemungkinan kemacetan di ibu kota Jakarta makin berkurang. 

Komunitas Nebengers dengan akunnya twitter @nebengers dan akun facebook yang diberi nama nebengers mulai di gagas  sejak 7 Desember 2011. Awalnya komunitas ini mengawal gerakan nebengers melalui kampanye Diving Safety dan system sederhana dengan berbagai tagar di twitter, nah gerakan sosial ini kemudian berubah menjadi sebuah komunitas.

Sampai sekarang, member Nebengers berjumlah  2,865 anggota dari berbagai kota seperti Jabodetabek, Bandung dan Yogyakarta. Sebanyak 22,434 jumlah followers yang tergabung dalam komunitas ini.

Salah satu anggotanya Eca saat ditemui Rabu (12/2) mengatakan, alasannya bergabung dengan Nebengers yaitu ingin mengurangi kemacetan, seperti yang ia dengar dari nebengers lain.

Jadi, daripada ngomel karena macet, mending mulai dari hal kecil buat mnegurangi macet dengan cara bergabung dengan komunitas ini. (kw)

Penulis:
Yulia Yulee

Baca Juga:
Gila Motor, Komunitas Otomotif Paling `Gila`
Komunitas Card to Post, `Obat Kangen` Kirim Pesan Lewat Pos

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.