Sukses

Gila Motor, Komunitas Otomotif Paling `Gila`

Internet memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi tanpa kendala waktu dan tempat.

Citizen6, Jakarta: Internet memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi tanpa kendala waktu dan tempat.  Kondisi ini memungkinkan orang-orang yane mempunyai keinginan, hobi dan visi membentuk komunitas-komunitas.

Salah satu komunitas yang populer di dunia otomotif adalah komunitas gila motor. Komunitas yang mempunyai akun twitter sesuai namanya @gilamotor ini  terbentuk awalnya dari sebuah komunitas online di facebook dan twitter.

Jayadi, founder  komunitas yang telah berusia 4 tahun ini menyampaikan, setelah ramai di online ia membawa komunitas ini ke offline. Laki-laki penyuka Iwan Fals ini sudah menyukai motor balap sejak masa bocah. Bahkan ia mampu membeli motor sendiri ketika teman sebayanya dibelikan oleh orang tuanya. 

Berikut petikan wawancara via email dengan pemilik akun @jayadi72 ini.

Apa alasan kak Jayadi membentuk komunitas ini?

Awalnya adalah sebuah komunitas online yang dibuat oleh kantor tempat saya bekerja  sebagai pendukung portal otomotif roda dua.

Namun seiring berjalannya waktu, saya semakin menikmati pekerjaan tersebut. Kemudian sekitar pertengahan 2010, saya dan teman sekantor membawa aktivitas online ke offline melalui kopi darat (kopdar) perdana khusus Jabodetabek. Dan sejak saat itu, keakraban makin terjalin antara orang-orang yang ada di fan page dengan admin (saya) sampai sekarang.

Apa saja yang dilakukan komunitas selama ini?
Kegaiatan yang sering dilakukan adalah kopdar membahas segala hal seputar motor dan safety riding. Bakti sosial dan turing termasuk membahas produk baru.

Kadang di grup blackberry (BB) dan whatsapp (WA) nggak cuma membahas masalah motor, tapi juga masalah wanita, lokasi wisata, bencana dan membahas hal-hal konyol soal kelakuan para anak alay.

Respon onliner seperti apa?

Sampai saat ini, di facebook fan page sendiri sudah lebih dari 400-an ribu. Dan di twiter sudah lebih dari 11-an ribu.  
Respon mereka pada komunitas gilamotor sangat antusias. Bahkan beberapa wilayah di luar Jabodetabek seperti di Jogjakarta, Surabaya, Sidoarjo, Bandung terbentuk chapter secara organic.

Sebagai biker, Apa sih maknanya motor?

Motor jadi bagian dari hidup. Selain sebagai alat transportasi harian, motor juga jadi pendukung gaya hidup. Kalau sampai membentuk komunitas, itu karena kami ingin menambah teman dan menambah pengetahuan seputar dunia motor. Melalui komunitas gilamotor kami bisa saling berbagi tanpa terkotak-kotakan oleh jenis/tipe/merek motor.

Selama berkomunitas, pengalaman menariknya apa?

Saat saya tiba di Surabaya waktu turing bersama salah satu pabrikan motor, tiba-tiba beberapa orang yang belum parnah saya temui sebelumnya menyapa dan mengajak foto bareng. Terkejut juga sih, soalnya mereka menyambut hangat kehadiran saya di sana seperti saya adalah teman lama mereka.

Padahal saya tak kenal mereka secara personal. Ternyata mereka adalah pembaca gilamotor.com yang aktif di fan page gilamotor. Maklum, kadang foto di facebook tak sama dengan wajah aslinya. :))

Pernah di Jogjakarta, sat itu saya sedang bertugas di sana. Mungkin saat saya check-in di foursquare dan saya share ke twitter dan facebook, teman-teman di Jogjakarta tahu posisi saya ada dimana.

Saat saya mau tidur di salah satu hotel di sana, tiba-tiba ada telp masuk ke hp saya dari nomer yang tak saya kenal. Begitu saya angkat, ternyata teman-teman gilamotor Jogja sudah menunggu saya di lobby hotel. 

Menarik sekali, terus apa rencana berikutnya?
Banyak aktivitas yang sudah direncanakan seperti kopdar nasional, turing, bakti sosial, safety riding course dan workshop seputar dunia motor. (kw)

Baca Juga:
Joel Mastana: Tak ada Standarisasi Berkendara di Indonesia
Bovie Sandhi: SHFIndo untuk Mengulang Kebahagiaan Masa Bocah

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.