Sukses

KPU Pastikan Distribusi Surat Suara Selesai Awal Maret

Usai dicetak, jutaan surat suara tersebut akan segera didistribusikan ke gudang-gudang milik KPU di setiap kabupaten dan kota.

Proses persiapan Pemilu 2014 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memasuki tahap pencetakan surat suara. Proses pencetakan ini diharapkan akan selesai dalam 1 bulan mendatang.

Ketua KPU, Husni Kamil Manik mengatakan, pencetakan surat suara itu telah dilakukan sejak awal bulan ini. "Sudah dimulai 6 Februari yang lalu," kata Husni saat memantau pencetakan surat suara di PT Gramedia, Jakarta, Minggu (9/2/2014).

Husni mengatakan, usai dicetak, jutaan surat suara tersebut akan segera didistribusikan ke gudang-gudang milik KPU di setiap kabupaten dan kota di Indonesia. Jika tak ada aral melintang, semua surat suara akan selesai didistribusikan paling lambat tanggal 6 Maret mendatang.

"8 Februari kemarin bahkan sudah ada yang telah masuk ke proses pengiriman surat suara ke Papua dari Surabaya," kata Husni.

Husni menambahkan, untuk distribusi ke Papua memang dilakukan dari Surabaya. Sebab, lama pengiriman ke Pulau Cendrawasih diperkirakan akan menghabiskan waktu 1 minggu. "Karena harus melalui jalur laut," ujarnya.

PT Gramedia menyatakan, hingga saat ini pihaknya telah mengirim 1750 boks surat suara ke daerah lain, yakni Kalimantan Barat. Terutama daerah terujung seperti Kabupaten Sambas.

Sementara itu, surat suara untuk pemilih yang berada di luar negeri baru akan dikirim Rabu 12 Februari nanti. Surat suara itu akan didistribusikan kepada 130 perwakilan Indonesia di luar negeri melalui Kelompok Kerja (Pokja) Kementerian Luar Negeri.

Direktur PT KSO Gramedia, Hari Wardjono berharap, tidak ada kendala berarti dalam distribusi surat suara ini. Meski sejauh ini proses pencetakan masih berjalan lancar. "Belum ada masalah yang berarti. Semoga distribusi tidak ada kendala," ujar dia.

Adapun dalam pengiriman distribusinya, KPU menggunakan Pandu Logistic yang masuk dalam daftar perusahaan pemenang tender. KPU juga dibantu oleh aparat keamanan yang setiap hari me-monitoring tempat percetakan dan alur distribusi surat suara itu sendiri. (Osc/Riz)

Baca Juga:

Setumpuk Potensi Masalah Pemilu 2014
[VIDEO] Pemilu Kurang 2 Bulan, Surat Suara Baru Dicetak
Target 75% Partisipasi, KPU Sosialisasi di Bangku Kereta dan Bus


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.