Sukses

Badai Mengisolasi AS Bagian Timur, Ribuan Penerbangan Batal

Terjangan badai salju ekstreme kian mengisolir wilayah Timur AS.

Terjangan badai salju ekstrem kian mengisolasi wilayah Timur AS. Menutup sekolah-sekolah dan jalan, membekukan pohon dan mengubah tumpukan salju jadi blok-blok es pada Senin 3 Februari. Ratusan ribu penduduk pun menjalani hidup tanpa panas atau cahaya, hanya berselimut dingin.

Dilansir dari Philly.com yang dikutip Liputan6.com, Kamis (6/2/2014), suhu mungkin tidak bisa melewati 30 derajat dua hari berikutnya. Tak akan membuat salju mencair. Badan prakiraan cuaca setempat memperkirakan akan turun lebih banyak salju pada akhir pekan, dan lagi pada minggu depan.

Badan meteorologi setempat menggambarkan cuaca ekstrem ini adalah hal langka. Dimulai dengan guyuran hujan ringan pada Senin pagi dan menjadi lebat, hingga membuat lebih dari 600 ribu pelanggan Peco tak mendapat aliran listrik.

Momen itu merupakan pemadaman terbesar kedua yang pernah dilakukan perusahaan listrik ternama, sejak tahun 1950-an, dan pada satu titik menyebabkan 87 persen pelanggan Chester County terkena imbasnya.

Badai juga mengakibatkan pembatalan 115 penerbangan di Bandara Internasional Philadelphia. Lebih dari 2.900 penerbangan nasional sudah dibatalkan Rabu 5 Februari pagi, seperti dilansir FlightAware.com yang dimuat Foxnews.

Sebagian besar penerbangan yang dibatalkan berasal dari bandara-bandara di New York: Boston, Chicago, Philadelphia, dan Washington. Maskapai penerbangan regional Cape Air saja telah membatalkan lebih dari 200 penerbangan, termasuk hampir setiap penerbangan dari bandara di Massachusetts.

United Airlines juga telah merilis peringatan bahwa akan ada gangguan yang mempengaruhi penerbangan di Midwest termasuk Chicago dan Cleveland. Maskapai tersebut dan maskapai penerbangan lainnya yang melakukan pembatalan pun tak mengenakan biaya kepada para penumpangnya, yang akan menukar tiket alias gratis.

Akibat badai itu, 2 pesawat terjebak di landasan bersalju Detroit Metropolitan Airport. Membutuhkan truk untuk mendorong atau menarik pesawat jet itu.

Bagian selatan Jersey yang tak terlalu dahsyat terdampak badai, hanya mengalami pemadaman yang berimbas kepada lebih dari 60 ribu pelanggan. Sementara di Pennsylvania badai itu mencakup hampir semua wilayah Bucks, Chester, dan Montgomery County, tempat salju setebal 9 inci menyelimuti.

"Montgomery County bahkan mengumumkan keadaan darurat. Pada pukul 04.00 hingga pukul 15.00, Pusat Operasi Darurat di distrik itu mendapatkan panggilan lebih dari 4.000 kali untuk meminta bantuan polisi," ucap Komisaris County Josh Shapiro.

Lanjut Josh, dalam kondisi itu telah disediakan "Pusat Pemanas" di 3 distrik besar. Penduduk yang mengalami pemadaman listrik, bisa menghangatkan diri di mal, perpustakaan dan restoran yang buka.

Pemadaman juga terjadi di rumah sakit, namun mereka lebih siap menhadapi badai karena memiliki generator. Generator bisa beroperasi selama 2 sampai 3 hari sebelum harus diisi bahan bakar kembali. (Tnt/Yus)

Baca juga:

Badai Salju Ekstrem Bekukan AS Timur, 2 Orang Tewas.

Iran Diserang Badai Salju Terburuk, 11 Ribu Warga Terjebak

Badai Salju Atlanta Telan 13 Nyawa, 6 Bagian AS Berstatus Darurat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.