Sukses

Iran Diserang Badai Salju Terburuk, 11 Ribu Warga Terjebak

11 ribu warga terjebak dan 500 ribu rumah terisolasi. Warga terpaksa menjalani aktivitas tanpa gas dan listrik.

Badai salju terburuk tengah menerjang Iran. Akibatnya 11 ribu warga terjebak dan 500 ribu rumah terisolasi. Warga terpaksa menjalani aktivitas tanpa gas dan listrik.

Pejabat Provinsi Mazandaran mengatakan, ketebalan salju mencapai 2 meter sejak salju turun pada Jumat 31 Januari 2014 lalu.

"Masalah utama yang kami hadapi adalah pengadaan listrik dan air yang terputus akibat salju lebat," ujar pejabat itu, seperti dikutip dari BBC, Selasa (4/2/2014).

Dia menjelaskan, aliran listrik dan gas ke ratusan ribu rumah putus sejak Sabtu 1 Februari. Sejak itu pula, warga terisolasi. Aktivitasnya terhambat. Sebagian sekolah di Tehran Utara pun ditutup karena cuaca buruk.

Kepala Sabit Merah Iran mengatakan, regu-regu penyelamat diterjunkan untuk menolong 11 ribu warga yang terjebak akibat salju tebal. "Sekitar 3.800 ditempatkan di penampungan-penampungan sementara," kata Pir Hossein Kolivand.

Dengan adanya badai salju, suhu di hampir seluruh wilayah di bawah 0 derajat celcius. Di beberapa provinsi di wilayah utara, suhu udara turun hingga minus -18 derajat Celcius. Adanya badai salju membuat permintaan gas untuk memanaskan rumah meningkat sehingga pasokan ke pabrik-pabrik petrokimia di Iran selatan menurun drastis.

Akibatnya, para operator petrokimia menggunakan stok lama. Badai salju di Iran kali ini disebut sebagai badai terburuk selama beberapa puluhan tahun terakhir. (Riz/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini