Sukses

Jokowi-Rieke Jagoan PDIP? Ini Penjelasan Sekjen Tjahjo

@tunggalp menyebutkan PDIP sudah menentukan pasangan capres dan cawapresnya untuk Pilpres 2014, yakni Jokowi-Rieke Diah Pitaloka.

Jelang Pemilu 2014, para pengguna Twitter dihebohkan dengan kicauan yang menyebut bahwa pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari PDIP sudah ditentukan.

Pasangan capres dan cawapres PDIP itu adalah Joko Widodo alias Jokowi dan Rieke Diah Pitaloka. Pernyataan itu dilontarkan akun Twitter @tunggalp milik Tunggal Pawestri. Tunggal Pawestri tercatat sebagai calon anggota legislatif (caleg) PDIP untuk DPRD Yogyakarta.

"Sore pertiwi tercinta. Alhamdulllah, PDI-P telah memutuskan pasangan presidensial 2014: Jokowi + Rieke (bkn Puan) nasionalis-kerakyatan: GO!" tulis @tunggalp, Selasa (4/2/2014).

Liputan6.com mencoba mengonfirmasi keaslian akun Twitter dan benar tidaknya kicauan tersebut kepada Tunggal, akan tetapi Tunggal tak mendengar pertanyaan yang disampaikan.

"Halo, iya betul saya Tunggal, halo... halo... nggak kedengeran," ucap Tunggal, lalu hubungan telepon terputus. Ketika Liputan6.com mencoba kembali menghubungi telepon Tunggal, telepon genggamnya tidak aktif lagi.

Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo saat dikonfirmasi Liputan6.com menampik kicauan @tunggalp. Tjahjo menegaskan, keputusan penetapan capres dan cawapres PDIP akan diambil setelah Pemilu Legislatif (Pileg) oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ibu Ketua Umum yang diberi mandat oleh partai belum mengumumkan apa-apa. Belum ada pembahasan keputusan partai melalui Ibu Ketua Umum. Keputusanya kan setelah Pileg," tegas Tjahjo.

Karena itu, Tjahjo mempertanyakan pernyataan-pernyataan yang kerap muncul menjelang pemilu seperti kicauan @tunggalp. "Silakan tanya saja yang mengatakan pasangan itu siapa, lalu motivasi politiknya apa? Menjelang pemilu banyak isu," tukas Tjahjo. (Adm/Sss)

Baca Juga:

Pengamat: Jokowi Jadi Presiden, Indonesia Tak Punya Harapan
`Koalisi PDIP-Golkar Terhalang Setgab`
Menebak Capres PDIP dan Kans Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini