Sukses

Penyelundupan Canggih, Paket Narkoba `Berenang` di Laut

Jaringan narkoba menggunakan ransel yang dilengkapi dengan sistem pengapungan untuk menjaga ransel tersebut tetap di bawah permukaan air.

Kepolisian Spanyol berhasil mengungkap penyelundupan narkoba dengan cara yang canggih lewat jalur laut. Puluhan ransel yang berisi 37 paket narkoba jenis kokain terjaring saat polisi menelusuri barang-barang mencurigakan di dalam perairan.

Dalam keterangan Kepolisian Spanyol, disebutkan jaringan penyelundup narkoba belakangan ini banyak yang menggunakan peralatan canggih untuk mengirim barang haram tersebut ke tempat tujuan.

Salah satunya dengan paket submersible atau penyelundupan paket-paket narkoba melalui bawah air. Sehingga paket tersebut bisa 'berenang' sendiri.

Seperti dilansir CNN, Selasa (4/2/2014), jaringan narkoba ini menggunakan ransel yang dilengkapi dengan sistem pengapungan untuk menjaga ransel tersebut tetap berada di bawah permukaan air, tanpa tenggelam.

Perangkat canggih lainnya: ransel-ransel tersebut juga terhubung dengan perangkat satelit pelacak sehingga mudah untuk dikendalikan ke mana arahnya.

Paket submersible ini biasa diselundupkan dari Malaga ke Valencia atau sebaliknya. Narkoba-narkoba selundupan tersebut pun 'berenang' di sepanjang pantai Mediterania Negeri Matador.

Kepolisian Nasional Spanyol itu mengatakan pihaknya telah menyita 37 ransel dengan kokain hampir 900 kilogram di dalamnya. Uang sebesar 72.000 euro atau sekitar Rp 1,19 miliar, 3 kendaraan, dan sebuah kapal juga disita dalam penyergapan tersebut.

Tak ketinggalan, Kepolisian Spanyol juga berhasil menyita perhiasan, beberapa jam tangan mewah, serta peralatan komputer dan telepon.

Hingga saat ini, penyidik Kepolisian Nasional Spanyol telah melakukan 5 kali penangkapan terhadap kelompok yang melakukan penelusuran terhadap tersangka sejak Mei 2013 silam. (Ris/Riz)

Baca juga:

Putri Raja Spanyol Jadi Tersangka Kasus Penipuan
Terapung di Pasifik Selama 14 Bulan, Nelayan di Meksiko Selamat
Selama 20 Tahun Pria Temani Jasad Istrinya di Kuburan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.