Sukses

Putri Raja Spanyol Jadi Tersangka Kasus Penipuan

Ini adalah kali pertamanya kerabat dekat raja dipanggil ke pengadilan untuk menghadapi tuduhan melakukan kesalahan.

Hakim pengadilan Spanyol memanggil putri bungsu Raja Spanyol Juan Carlos dalam sidang terkait tuduhan penipuan dan pencucian uang.

Sang putri,  Infanta Cristina (48) dikaitkan dengan urusan bisnis suaminya, Inaki Urdangarin, yang sedang diselidiki atas kasus penggelapan.

Seperti dikabarkan BBC, Selasa (7/1/2014), kini, Ifanta Cristina resmi menjadi tersangka dan wajib muncul di pengadilan pada 8 Maret mendatang.

Ini adalah kali pertamanya kerabat dekat raja dipanggil ke pengadilan untuk menghadapi tuduhan melakukan tindak pidana.

Tahun lalu, properti milik suami  Ifanta Cristina disita setelah Urdangarin, Duke of Palma dituduh menyalahgunakan jutaan euro dana publik yang diberikan kepada yayasan amal yang ia pimpin. Namun, sang Duke membantah melakukan kesalahan.

Salah satu properti yang disita adalah rumah mewah besar di pinggiran Barcelona milik Duke dan Putri Cristina.

Berita sang putri sekarang menjadi tersangka resmi muncul di tengah penurunan popularitas Raja Spanyol. Nama baik raja berusia 76 tahun terhapus dari benak rakyatnya saat fotonya berburu gajah dengan fasilitas mewah di Afrika pada 2012 menyebar ke publik.

Pada hari Senin, Juan Carlos memimpin sebuah parade militer menggunakan kruk di istana kerajaan di Madrid setelah menjalani operasi pinggul. (Ein/Yus)

Baca juga:

Penampakan Manusia Purba Stonehenge Berumur 5.500 Tahun: Ganteng!
`Dark Countess` yang Misterius Sejatinya Anak Marie Antoinette?
Keturunan Raja Pendiri Taj Mahal Hidup Sengsara di Kampung Kumuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini