Sukses

Hujan Sepanjang Malam, Bendungan Katulampa Siaga IV

Debit air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat mengalami kenaikan.

Hujan yang terus mengguyur kasawan Puncak, Bogor, sejak Senin malam hingga Selasa pagi mengakibatkan debit air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat mengalami kenaikan. Ketinggian air saat ini mencapai angka 80 centimeter dengan status Siaga IV.

Kepala Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, kenaikan debit air itu sudah terjadi sejak Selasa dini hari. "Dari jam sebelas malam kemarin debit air mengalami kenaikan dari 70 jadi 90 cm," jelas Andi saat dihubungi Liputan6.com di Bogor, Selasa (4/2/2014).

Dia menjelaskan, debit air kembali meningkat pada Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB menjadi 100 cm dan status naik menjadi Siaga III. Kenaikan tersebut dipicu oleh tingginya curah hujan di Kawasan Puncak, sehingga arus air di Sungai Ciliwung meningkat.

Namun ketinggian air kembali mengalami penurunan Selasa pagi, pukul 06.00 WIB, menjadi 80 cm dan status diturunkan menjadi Siaga IV. Diperkirakan, kenaikan arus air sepanjang Senin malam hingga Selasa pagi akan tiba di Jakarta, pada siang nanti.

"Jika hujan terus mengguyur wilayah Puncak, maka kenaikan bisa kembali terjadi," ungkap Andi.

Andi menambahkan, pihaknya sudah menginformasikan kepada penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok serta Jakarta untuk terus memantau kenaikan debit air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," tandas Andi.

Pantauan Liputan6.com, Selasa pagi, sekitar pukul 08.30 WIB, cuaca wilayah Bogor masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. (Riz/Yus)

Baca juga:

Jakarta Banjir, Contra Flow dan 3 in 1 Tidak Diberlakukan
Hujan Ringan Hingga Lebat Guyur Jakarta Sepanjang Hari Ini
Titik Genangan Air Jakarta Pagi Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.