Sukses

Terjebak Banjir, 5 Warga Pekalongan Diselamatkan Tim SAR

Tim SAR mengevakuasi 5 warga Pekalongan itu dari dalam rumah mereka yang sudah dipenuhi air dengan ketinggian 2 meter.

Badan SAR Nasional dan Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 5 warga Desa Patianom, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, yang terjebak banjir.

Menurut Kepala Badan SAR Nasional pada Kantor SAR Semarang, Agus Haryono, Tim SAR mengevakuasi 5 warga itu dari dalam rumah yang sudah dipenuhi air dengan ketinggian 2 meter.

"Tim kami saja sempat kesulitan untuk mengevakuasi mereka, karena arusnya yang deras," katanya, Minggu (2/2/2014) siang.

Rumah warga ini memang berada di dekat aliran sungai, sehingga arusnya sangat deras. Tim SAR harus menggunakan tali yang diikatkan pada pohon sebagai tempat untuk berpegangan. Tim SAR juga harus menggunakan perahu karet bermesin karena tidak kuat mendayung.

"Mereka yang berhasil kita evakuasi langsung diungsikan ke Balai Desa Patianom, sekitar 500 meter dari rumah mereka," tambah Agus.

Saat ini Tim SAR masih berada di Pekalongan karena sedang berupaya untuk mencapai Desa Waren. Desa itu dikabarkan terisolasi akibat banjir dan ada warga yang masih terjebak di dalamnya.

Sementara itu, Tim SAR juga mendapat kabar bahwa jalur utama Pekalongan-Banjarnegara, tepatnya di wilayah Linggo Asri terputus. Jalan di sekitar lokasi wisata itu ambles, sehingga akses tidak dapat dilalui kendaraan. (Ado/Yus)

Baca juga:

Pemalang Banjir 1 Meter, Korban Dievakuasi dengan Tambang
Banjir 1 M Rendam Pemalang Jateng, Korban Butuh Bantuan
Banjir Rendam Stasiun Pekalongan, Kereta Matarmaja Tertahan
Banjir 1 M Rendam Pemalang Jateng, Korban Butuh Bantuan
[VIDEO] Akses Pantura Terendam Banjir 50 Cm



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.