Sukses

SBY Segera Umumkan Mendag Pengganti Gita Wirjawan

SBY dalam waktu dekat akan menyampaikan pengunduran diri Gita Wirjawan. Juga disertai dengan siapa Mendag penggantinya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan telah mengajukan pengunduran diri per 31 Januari 2014. Presiden SBY telah membaca surat pengunduran itu dengan seksama.

"Presiden telah memberikan respons yang positif, dan inilah contoh pejabat yang beretika politik. Presiden dalam waktu dekat akan menyampaikan pengunduran diri Pak Gita, juga disertai dengan siapa penggantinya," kata Mensesneg Sudi Silalahi di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu (1/2/2014).

Meskipun pengunduran diri Gita adalah 31 Januari, lanjut Sudi, namun Gita diminta untuk terus melaksanakan tugasnya. Sampai nanti ditunjuk pengganti definitif oleh SBY.

Diakui Sudi, Gita pernah mengajukan pengunduran diri kepada SBY. SBY pun sangat paham. Namun ada hal-hal atau tugas-tugas yang harus diselesaikan dulu. Terutama yang menyangkut masalah internasional.

"Soal pengganti, kita berharap secepat mungkin. Saya mendapat informasi mungkin Beliau (SBY) akan berkonsultasi dulu dengan Bapak Wapres (Boediono)," ucap Sudi.

Dalam surat pengunduran diri kepada SBY yang salinannya dibagikan Sudi, Gita menyampaikan alasan pengunduran dirinya sebagai Mendag didasari oleh kesadaran etis tentang besarnya potensi kepentingan jika terlibat dalam proses politik di Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat dan juga menjalankan tugas sebagai Mendag. (Sss/Ari)

Baca juga:

Mundur Sebagai Menteri, Gita Fokus ke Konvensi Partai Demokrat

Fahri: PKS Tak Tertarik Ganti Posisi Gita Wirjawan

Di Balik Mundurnya Gita Wirjawan

Dahlan Tak Mundur Seperti Gita, Marzuki: Dia Mampu Urus BUMN



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini