Sukses

[VIDEO] Menu Peranakan Indo-China Khas Imlek Ini Lezat...

Kuliner peranakan antara Indonesia dan China sudah tidak lagi diragukan kelezatannya. Yuk, initp kuliner berikut ini. Lezat...

Kuliner peranakan antara Indonesia dan China sudah tidak lagi diragukan kelezatannya. Banyak restoran di Ibukota yang khusus menyediakan makanan-makanan khas Tionghoa tersebut, seperti sebuah restoran di Jalan Teuku Umar I, Menteng, Jakarta Pusat, yakni Resto Kunstkring Paleis.

Masih dalam suasana meriah Imlek, Jelajah Kuliner kali ini akan mengupas lebih dalam makanan-makanan peranakan Indonesia-China apa saja yang sering disajikan pada perayaan tahun baru warga Tiong Hoa tersebut, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (1/2/2014).

Menu peranakan yang pertama adalah sop ayam peranakan. Sop bening lezat dengan campuran telur gulung, udang, dan ayam ini dibanderol dengan harga Rp 48 ribu per porsi. Rasa sopnya yang lembut, sangat cocok jika disajikan sebagai makanan pembuka.

Menu lain yang juga cocok dijadikan makanan pembuka saat Imlek adalah Misoah Tao. Anda dapat menikmati kelezatan mie kuah yang dicampur aneka makanan laut seperti udang dan cumi-cumi ini dengan harga Rp 58 ribu per porsinya.

Dalam menyantap Misoah Tao ini, Anda tidak boleh sembarangan. Ada teknik khusus. Mie yang dimakan tidak boleh putus, harus dimakan dalam satu kali 'sruput'. Menurut kepercayaan warga Tionghoa, mereka yang bisa memakan mie tersebut tanpa putus dipercaya akan berumur panjang. Karena panjangnya mie diibaratkan dengan panjangnya umur seseorang.

Jika ingin makan makanan yang lebih segar, Anda dapat memesan garang asem bandeng duri lunak yang dimasak dengan belimbing wuluh, ditambah tahu masak tauco yang juga menjadi makanan khas saat Tahun Baru Imlek. Kedua hidangan istimewa tersebut dapat Anda nikmati dengan harga masing-masing Rp 58 ribu dan Rp 68 ribu per porsinya.

Selain makanan pembuka, ada juga kue-kue dan minuman khas Imlek yang disediakan di Resto Kunstkring Paleis. Antara lain es campur, kue thok atau kue ku, dan kue srikaya ketan.

Es campur yang disajikan di restoran ini bukan sembarang es campur. Dengan harga Rp 48 ribu, Anda dapat merasakan sensasi campuran rasa antara durian, alpukat, cincau, nangka, kelapa, kolang-kaling, dan selasih dalam satu gelas besar. Segar...

Selain itu, ada kue peranakan yang nikmat yang menjadi kue khas Imlek, yakni kue srikaya ketan. Kue ketan kenyal yang dilapisi bubur srikaya yang lembut serta potongan pisang di atasnya, dijamin akan menggoyang lidah. Sediakan saja Rp 48 ribu.

Kue terakhir yang tak kalah lezatnya adalah kue thok atau kue ku. Kue warna-warni berisikan kacang hijau ini dibanderol dengan harga Rp 35 ribu.

Lezat bukan makanan-makanan tersebut? Tertarik mencobanya? (Ega/Tnt)

Lihat juga:

[VIDEO] Imlek Seru! Lomba Adu Cepat Makan Mie Dapat Rp 20 Juta
Berkah Hujan untuk Warga Tionghoa
[VIDEO] Komunitas Red Batik Meriahkan Imlek di Solo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini