Sukses

Air di Hulu Tinggi, Jokowi Masih Buka Pintu Manggarai

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku saat ini terus memantau kondisi pintu air Manggarai yang saat ini statusnya terus naik.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku terus memantau kondisi pintu air Manggarai yang saat ini statusnya terus naik, akibat status Siaga I Bendungan Katulampa Rabu dini hari.

"Kita lihat terus, airnya memang terus naik karena dari hulunya hujan deras," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis, (30/1/2014).

Jokowi pun mengaku pihaknya sampai saat ini masih membuka pintu air Manggarai walau ketinggian air di Katulampa telah mencapai level tertinggi di Siaga I. Menurut Jokowi, pihaknya tetap akan membuka pintu air selama belum berpotensi mengancam tanggul-tanggul air di Jakarta.

"Perhitungan buka-tutup kalau membahayakan tanggul. Kita belum melihat ke arah sana, saat ini masih dibuka. Tahapannya saya dapat info dari kepala dinas PU, kemudian saya cek lapangan," tukas Jokowi.

Ketinggian air di Bendung Katulampa sempat menyentuh angka 230 cm, namun pada Rabu pagi berkurang menjadi 100 cm. Statusnya pun berubah dari Siaga I menjadi Siaga III.

Kondisi tersebut membuat warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung khawatir. Sebab banjir kiriman dari Bendung Katulampa diperkirakan akan datang. (Tnt/Yus)

Baca juga:

Evakuasi Warga Kampung Pulo, 8 Perahu Karet Stand By
Ciliwung Meluap, Warga Kampung Pulo Rebutan Dievakuasi
Antisipasi Banjir Kiriman, Warga Kampung Pulo Mengungsi Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.