Sukses

Kali Bekasi Meluap, 3 Rumah Kembali Ambrol Tergerus Air

Rumah yang ambrol diperkirakan akan terus bertambah lantaran air terus meluap.

Intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Bekasi, Jawa Barat, sejak Rabu dini hari membuat air kali Bekasi meluap . Akibatnya 3 rumah di pinggir kali kembali ambrol karena tergerus air.

Sebelumnya satu minggu yang lalu, sedikitnya 18 rumah warga di Kampung Pondok Panjang RT 02/03, Telukpucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, juga roboh karena longsor tergerus air kali Bekasi.

Rumah yang ambrol diperkirakan akan terus bertambah lantaran air terus meluap. Sedikitnya 40 warga kini mengungsi lantaran khawatir terjadi longsor susulan yang merobohkan rumah mereka.

"Total rumah yang roboh sekarang ini menjadi 20. Dan dikhawatirkan akan bertambah karena batas kali dengan rumah warga yang awalnya 10 meter kini hanya 15 centimeter," ujar salah satu warga, Sahroni, kepada Liputan6.com di Bekasi, Rabu (29/1/2014).

Sofyan Kamil (52), salah satu warga yang rumahnya roboh menuturkan, saat terjadi longsor ia dan anaknya sedang salat zuhur. Tiba-tiba tanah itu langgung bergoyang seperti gempa bumi. Rumah langsung roboh dan hanyut ke kali.

''Habis semua barang-barang yang ada di dalam rumah, tak ada yang bisa diselamatkan,'' papar Sofyan.

Sementara itu Ketua RT setempat, Mustajab mengatakan, saat ini seluruh warga yang rumahnya roboh diungsikan ke rumah kerabatnya yang tak jauh dari lokasi.

Mustajab mengimbau seluruh warga yang tinggal di dekat pinggir kali agar segera mengungsi dan menjauh dari lokasi longsor. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korban.  

Hal yang sama juga terjadi di RT 04/01, Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Sedikitnya 4 rumah warga hilang digerus air kali Bekasi. Hingga kini warga hanya bisa berharap agar Pemerintah Kota Bekasi segera melakukan penurapan kali agar longsor tidak meluas. (Ali/Yus)

Baca juga:

Kali Bekasi Meluap, 5 Rumah Warga Roboh
[VIDEO] Detik-detik Robohnya Rumah di Bekasi Akibat Banjir
Hujan Deras Sejak Selasa Malam, Bekasi Kembali Terendam Banjir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini