Sukses

Kali Bekasi Meluap, 5 Rumah Warga Roboh

Air Kali Bekasi meluap dan merobohkan 5 rumah.

Intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Bekasi, Jawa Barat, sejak beberapa hari ini membuat air kali Bekasi meluap hingga 20 meter. Akibatnya rumah-rumah di pinggir kali roboh karena tergerus air.

Pada Jumat 17 Januari 2014, sebanyak 7 rumah warga di Kampung Pondok Panjang RT 02/03, Telukpucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, roboh akibat longsor kali Bekasi.

Pada Minggu (19/1/2014) dini hari, 5 rumah warga kembali lagi roboh diterjang luapan kali Bekasi dan diperkirakan akan terus bertambah lantaran air terus meluap. Sedikitnya 30 warga kini mengungsi lantaran khawatir longsor susulan akan terjadi merobohkan rumah mereka.

"Total rumah yang roboh sekarang ini menjadi 12, dan dikhawatirkan akan bertambah karena batas kali dengan rumah warga yang awalnya 5 meter kini hanya 20 centimeter," ujar Khalid, salah satu warga setempat.

Saripah (54), salah satu warga yang rumahnya roboh menuturkan, saat longsor ia dan anaknya mengungsi di rumah tetangganya. Tiba-tiba tanah langgung bergoyang seperti gempa bumi. "Rumah langsung roboh dan hanyut ke kali ," ujar wanita yang mengaku sudah menempati rumah tersebut hampir 25 tahun.

’’Habis semua barang-barang yang ada di dalam rumah tanpa ada yang diselamatkan,’’ paparnya.

Sementara itu Mustajab, ketua RT setempat mengatakan, saat ini seluruh warga yang rumahnya roboh diungsikan ke rumah kerabatnya yang tak jauh dari lokasi.

Mustajab mengimbau kepada seluruh warganya yang tinggal di dekat pinggir kali segera mengungsi dan menjauh dari lokasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korban. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Hujan Deras, Banjir di Depan MOI Kelapa Gading Makin Tinggi
Kali Bekasi Meluap, 7 Rumah Hanyut
Jalan di Tambun Ambles, Akses Kabupaten-Kota Bekasi Terputus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini