Sukses

Anas: Ibas Sangat Layak Diperiksa KPK

Menurut Anas, kelayakan Ibas diperiksa KPK didasarkan atas sejumlah hal.

Tersangka kasus penerimaan gratifikasi proyek Hambalang dan proyek-proyek lain, Anas Urbaningrum mengatakan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas sangat layak diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Anas, kelayakan Ibas diperiksa KPK didasarkan atas sejumlah hal.

"Pertama itu. Jadi kalau ingin tahu soal kongres, tentu Steering Comitte boleh diminta keterangannya," kata Anas usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Kedua, lanjut mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu, adalah Ibas anggota tim sukses Andi Alfian Mallarangeng dalam persaingan calon ketua umum saat kongres tersebut. Apalagi jika melihat, sejumlah tim sukses calon ketum saat kongres itu juga sudah pernah dipanggil KPK untuk dimintai keterangannya.

"Ibas itu tim sukses salah satu kandidat. Sama juga dengan tim suskes yang lain yang sudah diminta keterangannya, Mas Ibas boleh juga diminta keterangannya," kata Anas.

Anas menyerahkan kepada penyidik KPK untuk memeriksa Ibas. Meski pemeriksaan itu merupakan kewenangan penyidik.

"Tergantung penyidik. Ada tidaknya pemeriksaan Ibas itu wewenang penyidik KPK. Apakah Ibas terlibat atau tidak itu juga wewenang penyidik KPK," ujar mantan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini.

Ibas sudah menyatakan kesiapannya untuk dipanggil KPK. Termasuk saat dituding Wakil Direktur PT Permai Group, Yulianis, yang menyebut menyebut Ibas menerima dana Hambalang. (Ali/Ism)

Baca juga:

Tak Mau Kalah dengan SBY, MAKI Somasi KPK Soal Ibas
Adnan Buyung: Anas Jangan Mau Diperiksa Kasus Proyek Lain
Adnan Buyung: SBY Sebaiknya Antar Ibas ke KPK
Ibas Tak Kunjung Diperiksa, KPK: Tidak Ada Alasan Takut

Dituding Yulianis Terlibat Hambalang, Ibas Siap Diperiksa KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.