Sukses

[VIDEO] Menakjubkan! Detik-detik Bayi Jerapah 182 Cm Lahir

Menakjubkan, bayi jerapah itu terlahir setinggi 182 cm. Dan dalam beberapa jam sudah dapat berdiri. Lihat video berikut!

Momen kelahiran bayi jerapah jenis Rothschild Giraffe ini begitu menakjubkan. Sebab biasanya jarang terekspos, karena jerapah biasa melahirkan di malam hari. Namun kali ini, sang induk melahirkan pada siang hari.

Seperti dilansir dari Daily Mail yang dimuat Liputan6.com, Rabu (29/1/2014), momen dramatis saat bayi jerapah berukuran sekitar 182 cm itu sengaja direkam oleh staf Kebun Binatang Paignton yang ada di Devon, Inggris.

Dalam video yang juga beredar di YouTube itu, si bayi jerapah betina terlahir ke dunia dengan bagian kepala dan kedua kaki depan terlebih dahulu. Beberapa detik kemudian, tubuhnya pun mulai keluar dari rahim induknya. Disusul dengan dua kaki belakangnya dan tumpahan air seperti ketuban pada kelahiran manusia.

Bayi perempuan yang lahir di kebun binatang yang ada di Devon pada hari Sabtu 25 Januari sore itu pun terjatuh ke tanah. Dan beberapa jam kemudian si bayi sudah dapat berdiri.

Sangha, ibu bayi betina yang belum bernama itu berasal dari Kebun Binatang Liberec di Slovakia. Sementara ayahnya yang berusia 10 tahun bernama Yoda, tiba di Devon dari Kebun Binatang Givskud, Denmark pada bulan September 2006.

Masa kehamilan untuk spesies jerapah itu antara 14 dan 16 bulan. Mereka lalu melahirkan dengan berdiri untuk memutuskan tali pusatnya.

Pasangan Sangha-Yoda sebelumnya juga pernah memiliki satu anak laki-laki bernama Otilie, yang lahir pada bulan Agustus 2013. Namun meninggal tak lama sesudahnya.

Selain Sangha, betina lain di kebun binatang itu adalah Janica. Ia berasal dari Duvr Kralove Zoo di Republik Ceko. Janica telah melahirkan bayi laki-lakinya, Valentino pada Februari 2012.

Jerapah jenis Rothschild Giraffe, memang tergolong binatang yang terancam punah. Spesies ini dinamai dengan nama Lord Walter 'Rothschild' yang menemukan mereka di Afrika timur di awal 1900-an. (Tnt/Sss)

Lihat juga:

Paus Berkepala Dua Terdampar di Pantai Meksiko
[VIDEO] Menakjubkan! Hiu Martil Melahirkan di Tepi Pantai
Si Kura-kura Berkepala Dua itu Bernama Thelma dan Louise

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.