Sukses

Surat Suara Pemilu Dicetak Awal Februari

Pemilihan umum legislatif yang diselenggarakan pada 9 April 2014 hanya tinggal menghitung bulan.

Pemilihan umum legislatif yang diselenggarakan pada 9 April 2014 hanya tinggal menghitung bulan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini terus melakukan perapihan daftar pemilih tetap (DPT).

DPT-DPT itu nantinya bakal dicetak ke dalam surat suara oleh perusahaan percetakan yang memenangkan lelang tender logistik KPU. Maksimal, surat suara bisa dicetak awal Februari nanti.

"Kami sedang terus melakukan perbaikan, karena akhir Januari atau awal Februari besok paling lambat kita harus cetak surat suara untuk Pileg 9 April ya," kata Komisioner KPU bidang logistik Arief Budiman di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Arief menuturkan, KPU akan melakukan dua tahap pencetakan. Yang pertama yakni percobaan hasil. Jika hasilnya sesuai prosedur maka akan masuk cetak ke tahap yang kedua. Sementara untuk pendistribusian logistik surat suara ke seluruh Indonesia, Arief menyatakan, akan dilakukan mulai pertengahan Maret nanti. 

"Pertama kita berapa ribu atau berapa dulu cetak, kita lihat hasilnya. Kalau oke, kita langsung cetak secara massal," ujar Arief.

Data yang akan diserahkan kepada perusahan percetakan nanti mengacu pada penetapan DPT 4 November 2013 yang berjumlah 186.612.255. "Ya acuan kita data 4 November itu, meskipun nanti pasti ada perubahan karena DPT sampai saat ini terus divalidasi," pungkas Arief. (Ndy/Ism)

Baca juga:

PPATK Imbau KPU Segera Teken MoU Pencucian Uang

Ada Perubahan DPT, KPU akan Sesuaikan Kontrak Surat Suara

PDIP Tolak Alokasi Dana Saksi untuk Parpol dari APBN

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini