Sukses

Jokowi Pantau Banjir dan Tanggul Jebol di Pengadegan

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi meninjau salah satu lokasi yang diterjang banjir di kawasan Pengadegan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi meninjau salah satu lokasi yang diterjang banjir di kawasan Pengadegan, Jalan Pengadegan Timur, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, begitu tiba di lokasi, Jokowi langsung memantau rumah-rumah warga yang telah terendam banjir hampir 2 pekan lebih. Bersama dengan Walikota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor, Jokowi mengamati warga yang sedang membersihkan lumpur dan tanah di dalam rumah.

Walau sebagian banjir telah surut, di beberapa titik seperti di RT 5, 6, dan 7 RW 1 masih direndam banjir dengan ketinggian 50 hingga 100 cm. Warga juga belum berani kembali ke rumah lantaran khawatir ketinggian air akan kembali naik.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengecek lokasi tanggul kali jebol di belakang pompa pengendali banjir Pengadegan. Tanggul itu jebol karena tidak mampu menahan beban air yang cukup besar dari Kali Ciliwung.

Terkait jebolnya tanggul, Jokowi mengaku langsung memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum untuk segera memperbaikinya. "Ya ini kalau sudah agak surut langsung dibenerin, sekarang sedang dilakukan pembersihan dulu," kata Jokowi.

Dari lokasi tanggul jebol, Jokowi kemudian mengunjungi lokasi pengungsian warga yang berada di bekas bangunan SDN 09 Pangadegan dan GOR Pangadegan. Di 2 tempat itu, Jokowi membagikan bantuan berupa sembako dan peralatan sekolah bagi akan-anak.

Wakil Lurah Pangadegan Eko Prasetyo mengatakan, total jumlah pengungsi akibat banjir di kawasan tersebut lebih dari 3 ribu orang. Para pengungsi itu merupakan warga di 2 RW yaitu RW 10 dan RW 1. "Untuk di RW 1 yang kerendam itu di RT 5,6,7,8,9,10, dan 11, sedangkan yang di RW 2 yang terendam ada di RT 7, 6, dan 8," kata Eko.

Selama direndam banjir, Eko mengatakan pihaknya telah menyiapkan 7 lokasi pengungsian di antaranya di GOR Pengadegan, kantor Camat Pancoran, kantor Kelurahan, gedung LIA, dan SDN 09. "Tapi, karena sekarang banjirnya sudah turun, warga yang mengungsi tinggal di 2 tempat, yaitu di GOR dan di kantor kelurahan," kata dia.

Eko juga mengatakan saat ini para petugas dari Sudin PU telah datang untuk membersihkan lokasi tanggul yang jebol di Pengadegan.

Akibat jebolnya tanggul pada Rabu pekan lalu, ketinggian banjir sempat mencapai 4 meter  dan merendam hingga atap rumah warga dan kantor kelurahan yang juga dijadikan sebagai lokasi pengungsian. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Kampung Pulo Kebanjiran Lagi
Banjir Surut, Lubang di Jalanan Jakarta Bermunculan
Bangun Waduk Ciawi dan Sukamahi, Jokowi Jamu Bupati Bogor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini