Sukses

Polda Bangka Belitung `Amankan` Pemilu 2014

Dua per tiga personil kepolisian di Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung akan dikerahkan untuk pengamanan Pemilihan Umum 2014.

Citizen6, Pangkalpinang: Dua per tiga personil kepolisian di Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung akan dikerahkan untuk pengamanan Pemilihan Umum 2014. Seluruh daerah dianggap prioritas untuk mendapatkan pengamanan.

Demikian dikatakan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen (Pol) Budi Hartono Untung kepada wartawan, Jumat(24/01/2014) di Pangkalpinang.

"Seluruh daerah menjadi prioritas. Kita akan kerahkan dua per tiga personil untuk pemilu," katanya.

Budi memandang, Bangka Belitung sangat demokratis sehingga ia memprediksi pemilu akan berlangsung tertib dan lancar. Kesiagaan polisi adalah dalam rangka mengamankan pesta demokrasi tersebut agar dapat berjalan baik.

Oleh karena itu, Polda Kepulauan Bangka Belitung sebagai barometer dalam pengamanan, dituntut untuk bekerja keras agar penyelenggaraan Pemilu 2014 berjalan lancar. Mantan Direktur Polair Babinkam Polri ini mengatakan berbagai kerawanan di masyarakat dipicu oleh masalah sosial-politik, masih akan terjadi sepanjang 2014.

Terutama yang berkaitan dengan Pemilu legislatif dan Pemilu presiden, diprediksi akan terjadi beberapa permasalahan yang perlu diantisipasi aparat Polda Bangka Belitung untuk pengamanannya.

Di tempat berbeda, Kepala Bidang Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung AKBP Riza Yulianto di ruangannya di Mapolda Bangka Belitung mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk mengawal Pemilu 2014 ini. Polisi sudah mengadakan pertemuan dengan pihak Gakumdu (Penegak Hukum Terpadu) yakni Polda sendiri, Bawaslu dan jaksa terkait pengamanan pemilu ini, serta koordinasi dalam penanganan masalah pelanggaran pemilu. Pihaknya sudah menyiapkan pengamanan dari setiap tahapan- tahapan pemilu nantinya.

Pengamanan pemilu sebenarnya bukan hanya tanggungjawab pihak kepolisian, tetapi semua komponen dan elemen bangsa harus turut menjaga keamanan sepanjang pelaksanaan pemilu legislatif maupun pemilu presiden.

Antisipasi kerawanan menjelang pelaksanaan pemilu jauh lebih penting, daripada meredam konflik yang sudah terjadi. Oleh karena itu, saya berharap aparat keamanan, khususnya Polri saling bahu membahu dangan masyarakat untuk mengamankan pesta demokrasi 2014. (mar)

Penulis
Joko Dwi Cahyana
Pangkalpinang, Jokodwicahyxxx@yahoo.co.id

Baca juga:
Demokrasi Ekonomi Dan Problematika Pemilu
Pemilu 2014, Kaderisasi Kuat Tanda Partai Hebat
Potret Masalah Politik dan Hukum Jelang Pemilu 2014

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.







* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.