Sukses

Heboh `Kelinci` Tersembunyi di Lubang Telinga Patung Mandela

Patung Mandela menjulang setinggi 9 meter. Tidak mengepalkan tangannya laiknya pejuang, namun membentangkan tangan lebar.

Sehari setelah pemakaman Nelson Mandela, 16 Desember 2013, patung presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan itu diresmikan di muka Gedung Parlemen di Pretoria. Tingginya 9 meter. Patungnya yang terbesar yang pernah dibuat.

Dalam patung itu, Mandela tidak mengepalkan tangannya -- seperti laiknya pose pejuang. Madiba, begitu rakyat memanggilnya, membentangkan tangannya lebar-lebar. Siap merangkul, mempersatukan bangsanya. Senyum damai tersungging di bibirnya.

Seperti kebiasaannya sehari-hari, dalam patung itu Mandela memakai 'Madiba shirt', yang terinspirasi dari batik Indonesia!

Namun, belakangan ada hal aneh yang ditemukan dalam patung itu. Sebuah kelinci dari perunggu yang disembunyikan di telinga patung Mandela. Pemerintah Afsel yang mengetahuinya langsung memerintahkan pihak pematung menyingkirkannya.

"Dengan cara itu, martabat patung tersebut dikembalikan," demikian ujar juru bicara Pemerintah Afsel, seperti Liputan6.com kutip dari BBC, 22 Januari 2014.

Para pematung dilaporkan sengaja memasukkan kelinci itu sebagai penanda atau 'tanda tangan'. Sekaligus, menggambarkan betapa tergesa-gesanya mereka harus menyelesaikan patung tersebut.

Kelinci dalam Bahasa Afrika adalah 'haas' -- yang juga berarti 'tergesa-gesa'.

Mandela, yang wafat pada usia 95 tahun diakui secara luas atas perannya memerangi pemerintahan minoritas kulit putih. Karena itulah ia hidup dalam penjara selama 27 tahun. Namun, saat kekuasaan ada di tangannya, menjadi Presiden pada 1994, ia tak mendendam.

Mandela memperjuangkan rekonsiliasi yang menyatukan bangsanya. Kebesaran hatinya itulah yang membuatnya menjadi sosok yang menginspirasi dunia.

'Simbol Protes'



Mogomotsi Mogodiri, juru bicara Departemen Seni dan Kebudayaan mengatakan, pihak pematung telah minta maaf jika apa yang mereka lakukan menyinggung pemerintah dan keluarga Mandela -- dengan menyembunyikan 'kelinci' di telinga kiri patung Mandela.

"Kini pembicaraan sedang dilakukan, membahas kapan kelinci itu akan dihilangkan. Pemerintah menginginkan itu dipindahkan secepat mungkin untuk mengembalikan martabat patung itu," kata dia.

Sementara, dua pematung,  Andre Prinsloo dan Ruhan Janse van Vuuren mengaku, mereka menambahkan fitur kelinci sebagai bentuk protes. Sebab, pemerintah menolak permintaan mereka untuk mengukir tanda tangan mereka pada celana patung. Demikian dilaporkan situs media Afsel, Beeld.

Kelinci juga mewakili tenggat waktu sempit yang mereka hadapi. "Faktor waktu menjadi penentu. Kami harus bekerja keras," kata Prinsloo.

Dia menambahkan, 'simbol kecil' yang mereka sembunyikan tersembunyi dalam telinga. Menurut mereka, tak ada pengaruhnya bagi patung itu.

"Dibutuhkan lensa panjang dan teropong untuk mengetahui keberadaannya," tambah dia. "Selama proses pencetakan banyak orang telah melihat patung itu dari dekat dan tidak ada yang menyadarinya."

Patung Mandela diresmikan Presiden Jacob Zuma, disaksikan oleh keluarga mendiang Mandela.

"Semua patung yang dibuat untuk Madiba, menunjukkan ia mengepalkan tangannya. Patung ini berbeda, ia membentangkan kedua tangannya," ujar Zuma. "Ini menandakan Afrika Selatan sekarang merupakan negara demokrasi. Ia merangkul seluruh negeri untuk bersatu. Itu makna dari posisi tangannya di patung ini." (Ein/Ali)

Baca juga:

Jejak Nelson Mandela: Masuk Daftar `Teroris` AS, Dikuntit CIA
Obama di Perkabungan Mandela: Salami `Musuh Lama` dan Foto Narsis
Rekayasa Foto Bareng Nelson Mandela, Politisi Ini Dicaci-maki



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.