Sukses

`Toilet Ganda` di Lokasi Olimpiade Picu Geger di Twitter

Toilet khusus pria di salah satu arena memicu badai hinaan di Twitter. Dua toilet dalam satu bilik.

Kota Sochi di Krasnodar Krai, Russia akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014 Februari mendatang. Sudah lama persiapan dilakukan, 11 arena selesai dibangun. Semua terlihat megah, unik, menakjubkan, dengan sentuhan teknologi canggih.

Namun, fakta yang dikuak koresponden BBC soal toilet khusus pria di salah satu arena memicu badai hinaan di Twitter.

Bagaimana tidak, ada dua toilet kembar dalam bilik kamar kecil. Foto yang diambil di  Biathlon Centre di-posting oleh koresponden BBC di Moskow Steve Rosenberg.

"Melihat toilet ganda di kamar kecil pria di Olympic Biathlon Centre," demikian ditulis dia, seperti dimuat BBC, 21 Januari 2014.  

Laura Cross-Country Ski & Biathlon Centre adalah area ski berkapasitas 7.500 orang. Lokasinya terletak di puncak dan lereng Psekhako Ridge, sekitar 10 km timur laut Krasnaya Polyana.

Foto tersebut langsung ditanggapi banyak orang, termasuk pemimpin oposisi Alexei Navalny. Ia mempertanyakan, bagaimana anggaran olimpiade yang dilaporkan sebesar US$ 50 miliar atau Rp 606,5 triliun, telah digunakan.

"Ini adalah toilet pria di media centre Olimpiade Sochi yang nilainya 1,5 miliar rubel (Rp 536 miliar)," kata Navalny.

Foto tersebut juga membuat orang-orang tak percaya dan heran bukan kepalang. "Dua toilet -- 28.000 rubel (Rp 10 juta)," kata seorang blogger. "Di media centre arena olimpiade bernilai 1,5 miliar rubel. Memalukan!"

Sejumlah orang bahkan mengaitkannya dengan perdebatan atas hak-hak kaum homoseksual di Rusia. Bercanda soal hukum kontroversial yang melarang 'propaganda gay' -- yang memicu kampanye internasional pemboikotan Olimpide Sochi. "Ini cara mereka memahami kebutuhan kelompok seksual minoritas," kata blogger lain.

Fakta dalam foto, bahwa ada 1 tempat gulungan tisu dalam kamar mandi bertoilet ganda, pengguna Twitter lain menulis: "Robek beberapa kertas tisu sebelum Anda duduk."

Biathlon Centre selesai dibangun hampir dua tahun yang lalu, dengan investasi dari perusahaan gas negara Rusia, Gazprom.

"Bangunan ini adalah salah satu struktur terbesar dan paling nyaman dari jenisnya di dunia," kata seorang perwakilan perusahaan kepada kantor berita Rusia Interfax.

Toilet ganda memang tak biasa di bagian Eropa dari Rusia. Namun, keberadaan 2 atau bahkan lebih di satu bilik kamar kecil diketahui ada di belahan negeri pecahan Uni Soviet itu.

Seperti yang diungkap wartawan Rusia, Nikita Likhachev. Di blognya dalam Bahasa Rusia, ia menampilkan sejumlah gambar deretan toilet dalam satu bilik di sarana olahraga, restoran, bahkan kampus. Namun, apa yang biasa untuk sebagian orang Rusia, adalah hal 'mengerikan' untuk orang dari negara lain. (Ein/Mut)



Baca juga:

`Janda Putih` Menyusup ke Arena Olimpiade Sochi, AS-Rusia Siaga
Pembawa Obor Wafat Saat Bawa Obor Olimpiade Musim Dingin 2014
Nadia Meledakkan Diri dalam Bus di Rusia, Renggut Nyawa 6 Orang


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.