Sukses

Cegah Banjir, Menteri LH Dukung Penertiban Vila di Bogor

Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mendukung penertiban bangunan vila di Bogor untuk mencegah banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Menteri Lingkungan Hidup (LH) Balthasar Kambuaya mendukung kebijakan Pemda Kabupaten Bogor yang menertibkan vila di kawasan Puncak. Daerah resapan air akan terus diperluas.

"Kebijakan Pemerintah Daerah Bogor dalam melakukan pembongkaran vila di kawasan Puncak, kita sangat mendukung. Kami melarang untuk pembangunan kembali," kata Balthasar di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/1/2014).

Balthasar berada di Bendung Katulampa bersama Gubernur DKI Jokowi dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Pertemuan juga dihadiri Bupati Bogor Rahmat Yasin dan Walikota Bogor Diani Budiarto.

Balthasar yang tiba dilokasi sekitar pukul 09.00 WIB, langsung berkeliling di area Bendung yang dibangun sejak tahun 1911. Mantan Rektor Universitas Cenderawasih Papua itu tampak didampingi Diani Budiarto.

Balthasar mengatakan, masyarakat harus menyadari bahwa terjadinya bencana banjir di sejumlah wilayah, karena dampak kerusakan ekosistem yang disebabkan oleh masyarakatnya sendiri.

"Apa yang terjadi ini, kita harus menyadari dampak yang ditimbulkan dari kerusakan yang dilakukan oleh manusia. Maka dari itu, lingkungan ini harus menjadi perhatian bagi kita semua," kata pria yang akrab disapa Berth ini.

Berth menjelaskan, pengalihan alih fungsi lahan daerah resapan air mulai saat ini harus dikurangi. Upaya pemerintah untuk mengembalikan fungsi lahan di kawasan Puncak sebagai daerah resapan air, akan dilakukan kembali dengan program penanaman pohon.

"Tahun ini saya konsentrasi fokus membantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dimulai dengan penanganan di Sungai Citarum," paparnya.

Dari informasi yang didapat, rencananya, usai berkunjung di Bendung Katulampa, Balthasar akan bertolak ke kawasan Pucak, Bogor. Menteri Lingkungan Hidup itu akan memantau situasi terakhir di daerah resapan air tersebut. (Adm/Ism)

Baca juga:
 Jokowi, Aher, dan Menteri LH Bahas Ciliwung dari Hulu ke Hilir
Jokowi, Aher, dan Menteri LH Bertemu di Katulampa
Pedagang 'Headlamp' Raup Untung di Lokasi Banjir Kampung Pulo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini