Sukses

Cuaca Kondusif, Pengungsi Banjir Manado Menyusut

Dari 40 ribu pengungsi sebelumnya, saat ini masih ada 10 ribu pengungsi yang bertahan di posko yang tersedia.

Banjir bandang yang menerjang Sulawesi Utara, termasuk Kota Manado, menelan 18 korban jiwa. 2 Orang masih dinyatakan hilang. Meski demikian jumlah pengungsi sudah menyusut.

"Cuaca saat ini di Manado kondusif. Dari 40 ribu pengungsi sebelumnya, saat ini masih ada 10 ribu pengungsi yang bertahan di posko yang tersedia," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kata Syamsul Maarif di Kantor Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Sabtu (18/1/2014).

Syamsul mengungkapkan, saat ini daerah-daerah yang sebelumnya terisolir sudah bisa dijangkau untuk mengevakuasi maupun untuk membantu warga.

"Yang tadinya terisolir sudah bisa dilalui truk bantuan. Bisa juga ditembus melalui jembatan," ungkap Syamsul.

Sedangkan untuk kerugian lainnya adalah korban materi, yakni 101 rumah hanyut, 1.000 rumah rusak berat dan ringan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kemenko Kesra, Kementerian PU, dan Kementerian Sosial untuk harus bagaimana dicarikan solusinya kerugian rumah ini. Kami pasti akan ada solusi," tandas Syamsul. (Sss/Yus)

Baca juga:

BNPB: 18 Tewas, 2 Hilang Akibat Banjir di Sulut

[VIDEO] Pasca Banjir Bandang, Kota Manado Memprihatinkan

[VIDEO] Sulitnya Lacak 20 Orang Tertimbun Longsor di Tomohon

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.