Sukses

Condet Banjir 3,5 Meter, Jokowi: Akan Dibuat Sodetan Ciliwung

Pemukiman warga di kawasan Condet, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Pasar Rebo, Jakarta Timur, terendam banjir sedalam 3,5 meter.

Pemukiman warga di kawasan Condet, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Pasar Rebo, Jakarta Timur, terendam banjir sedalam 3,5 meter. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo langsung meninjau lokasi tersebut.

Politisi PDIP yang akrab disapa Jokowi itu menyatakan, pemerintah akan segera membuat sodetan sebagai jalur tembusan air yang baru. Sehingga dapat mengalihkan sebagian beban air ke arah yang lain.

"Akan dibuat sodetan," ujar Jokowi, Sabtu (18/1/2014).

Ia menjelaskan, pemukiman itu dikelilingi aliran air Sungai Ciliwung dengan bentuk busur derajat. Maka, aliran tersebut akan diuruk atau ditimbun, kemudian sodetan dibuat lurus tidak lagi melengkung. Dengan begitu pemukiman tidak lagi dikepung air ketika Sungai Ciliwung meluap.

"Kita mau potong lahan pemukiman ini. Jadi airnya ngalir lurus. Terus tanah di tempat sodetan akan dipindah ke aliran air sebelumnya untuk diuruk," katanya.

Bentuk aliran kali atau sungai yang memutari kampung itu, dikatakan Jokowi, sama dengan kondisi di Kampung Pulo dan Kalibata. Oleh sebab itu, akan dibuatkan sodetan. Namun, solusi tersebut merupakan penyelesaian jangka panjang sehingga membutuhkan waktu lama.

"Yang bertanggung jawab soal sodetan Ciliwung itu Kementerian Pekerjaan Umum. Kita hanya bertugas sediakan lahan dan rusunnya. Sungai yang diuruk nanti jadi rusun tapi itu jangka panjang. Kan Ciliwung panjang," tukas Jokowi. (Mut/Sss)

Baca juga:
Pantau Banjir Jakarta, TNI AU Terbangkan 1 Helikopter Colibri
 Jokowi: Di Jakarta Bukan Air Cari Rumah, Tapi Rumah Cari Air
 Banjir Bikin Cililitan-Kalibata Macet, Polisi Tak Terlihat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini