Sukses

Jokowi: Di Jakarta Bukan Air Cari Rumah, Tapi Rumah Cari Air

Salah satu pemukiman bantaran Sungai Ciliwung di Jalan Balai Rakyat, Condet, terendam banjir setinggi hingga 3,5 meter.

Salah satu pemukiman bantaran Sungai Ciliwung di Jalan Balai Rakyat, Condet, terendam banjir setinggi hingga 3,5 meter. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun mengunjungi lokasi yang terletak di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Keramat Kramat, RT 5/RW 5 tersebut.

Pantauan Liputan6.com, jalan menuju ke pemukiman tersebut sempit dan berbentuk turunan sehingga cukup menyulitkan bagi lalu lintas kendaraan. Pria yang akrab disapa Jokowi itu lalu berjalan kaki ke arah 60 rumah yang diterjang banjir.

"Pak Jokowi! Bantuannya Pak, baju sekolah pada hanyut," ujar salah seorang warga yang dibalas anggukan oleh orang nomor 1 di DKI itu, Sabtu (18/1/2014).

Setelah mengecek kondisi sejumlah rumah-rumah yang digenangi air hingga atap tersebut dan melihat aliran air yang cukup deras, Jokowi menyimpulkan masalah banjir Jakarta secara keseluruhan sama. Yaitu karena banyaknya pemukiman di bantaran sungai, khususnya di Ciliwung.

"Problemnya sama di semua tempat di Jakarta. Yang banjir kan pinggir kali semua. Jadi bukan air cari rumah. Rumah mencari air," ujar Jokowi. (Mut/Sss)

Baca juga:
`Kuras` Ciliwung, Pintu Air Manggarai ke Arah Istana Telah Dibuka
Jokowi: Saya Minta Pintu Air Manggarai Dibuka
SBY Hubungi Para Gubernur Terkait Bencana Alam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.