Sukses

[VIDEO] Isu Tsunami Hoax Sempat Bikin Warga Manado Panik

Banyak warga Kota Manado trauma dengan banjir dahsyat yang menerjang pada 15 Januari lalu. Warga pun sempat panik dengan adanya isu tsunami.

Trauma masih menghinggapi sebagian warga Kota Manado, Sulawesi Utara, pascaterjangan banjir dahsyat pada 15 Januari lalu. Mereka pun gampang panik mendengar isu tertentu seperti tsunami.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (17/1/2014), warga yang panik lantas memenuhi sejumlah jalan di ibukota Provinsi Sulawesi Utara tersebut. Jalanan yang sebagian masih dipenuhi sisa lumpur pun menjadi macet.

Namun, Pemerintah Kota Manado bertindak sigap. Mereka segera mengumumkan isu tsunami itu adalah hoax alias kabar bohong. Apalagi, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) belum mengeluarkan informasi resmi terkait bakal munculnya gelombang besar dari lautan tersebut.

Data terakhir Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengungkapkan, banjir merusak 9 ribu rumah yang tersebar di Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, dan Tomohon. Banjir dahsyat itu juga mengakibatkan 15 nyawa melayang.

Pantauan SCTV, banjir turut memutuskan 1 jembatan di Kota Manado. Beberapa warga terpaksa menyeberangi sungai. Sedangkan sebagian lainnya terisolasi. (Ans/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Banjir Dahsyat Manado Seret Puluhan Rumah

Warga Makin Panik Karena Isu Tsunami

Isu Tsunami Merebak, Warga Kendari Mengungsi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini