Sukses

BMKG: Hujan Jakarta Tak Selebat Minggu Lalu, Tapi Tetap Waspada

Pada penghujung minggu ketiga Januari 2014, hujan masih diprediksi akan mengguyur wilayah Jabodetabek. Namun curah hujannya tak lebat.

Pada penghujung minggu ketiga Januari 2014, hujan masih diprediksi akan mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Kabar bagusnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan masyarakat bisa bernafas sedikit lebih lega, karena curah hujan untuk seminggu ke depan tidak selebat minggu lalu.

"Sejak tanggal 15 sampai 22 Januari, masyarakat yang tinggal di Jabodetabek pada jam-jam tertentu bisa bernafas lega. Karena hujan diprediksi tidak akan selebat minggu lalu. Meski hujan dengan intensitas sedang masih ada," kata Kepala BMKG Andi Eka Satya dalam jumpa pers di Kantor BMKG, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2014).

Menurut Andi, ada beberapa daerah di Indonesia sudah dinyatakan clear untuk seminggu mendatang. Seperti di Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan sebagian wilayah Papua.

Sedangkan potensi adanya hujan lebat akan terkonsentrasi di wilayah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jabodetabek, Nusa Tenggara Timur.

Kendati demikian, Andi tetap mengimbau masyarakat agar tidak menganggap remeh dan waspada terhadap segala kemungkinan perubahan cuaca.

"Saya kira tentu saja harus diwaspadai, karena sekarang ini adalah puncaknya. Dan terutama di Jakarta Utara. Seperti hari ini curah hujan sampai 118 mm, genangan tinggi, dan ini selalu kita informasikan kepada masyarakat," ujar Andi.

Masih aktifnya angin barat atau Monsun Asia mengakibatkan adanya daerah pertemuan angin atau Intertropical Convergence Zone (ITCZ) yang memanjang dari Sumatera Selatan, Jawa, hingga Nusa Tenggara menjadikan Indonesia masih berpeluang hujan merata. Ditambah lagi, dengan bibit badai tropis atau pusat tekanan rendah yang akan tumbuh di wilayah Indonesia bagian selatan. (Tnt/Sss)

Baca juga:
Jokowi: Jakarta Siaga Darurat Banjir
Cek di Sini... 6 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Selama Januari
Ketinggian Air di Katulampa Naik Jadi 160 Cm, Masih Siaga 3

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.