Sukses

Jokowi: Jakarta Siaga Darurat Banjir

Keputusan ini diambil setelah Jokowi melihat kondisi Jakarta yang saat ini yang sebagian wilayahnya lumpuh akibat banjir.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan, sore ini dirinya akan memberlakukan status siaga banjir di Ibukota. Keputusan ini diambil setelah pria yang karib disapa Jokowi itu melihat kondisi Jakarta yang saat ini yang sebagian wilayahnya lumpuh karena terkepung banjir.

"Ini pagi ini baru buat surat untuk Siaga Darurat banjir. Belum Darurat loh yah, baru Siaga Darurat. Setelah itu surati, langsung akan kita berlakukan, sore ini," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (13/1/2014).

Menurut Jokowi, pemberlakukan status Siaga Darurat banjir itu dilakukan agar seluruh pihak bersiap dan tetap siaga apabila debit air meningkat dan volume banjir bertambah. Mantan walikota Solo itu mengaku berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan jajarannya untuk pemberlakukan status darurat banjir tersebut.

"Ini supaya semua yang berada pada penanganan bencana semua bergerak, siaga darurat. Ini nanti disiapin sore ini ditandatangani," ucapnya.

"Dengan BNPB kita juga telah sampaikan. Sore ini langsung tandatangan," tutur Jokowi.

Jokowi mengaku, sejak tadi malam dirinya telah melakukan inspeksi ke salah satu titik langganan banjir di Kampung Pulo, Jatinegara. Jokowi menyaksikan langsung kondisi wilayah itu yang telah direndam banjir akibat hujan deras kemarin.

"Saya tengah malam tadi sudah ngecek, di sana sudah ada 300 warga yang mengungsi. Kalau sekarang belum lihat lagi, kita lihat nanti apakah air makin naik atau turun," pungkas Jokowi. (Ndy/Ism)

Baca juga:
Pintu Air Manggarai Dicek Tiap 15 menit
Air Surut, Status Bendungan Katulampa Siaga 4
Penyebab Utama Jakarta Selalu Banjir Setiap Tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Banjir Jakarta

Video Terkini