Sukses

Korban Banjir Pesing Mulai Terserang Penyakit Kulit dan Ispa

Selain penyakit kulit dan isfeksi saluran pernapasan (ispa), di antara warga juga terserang diare.

Meski banjir sudah surut, posko kesehatan yang diperuntukkan bagi korban banjir di Pesing, Kedoya Utara, Jakarta Barat masih berdiri dan melayani korban banjir. Sebab, banyak warga mulai terserang penyakit.

"Posko kesehatan ini akan terus buka dan belum tahu kapan akan ditutup. Kita hanya menunggu perintah dari pemerintah saja," ujar seorang dokter wanita asal Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk yang enggan menyebutkan namanya itu di posko kesehatan, RT 013 RW 02, Pesing, Kedoya Utara, Jakarta Barat, Kamis (16/1/2014).

Dari pantauan Liputan6.com, warga berbondong-bondong mendatangi posko yang dibuka di depan rumah salah satu warga itu. Umumnya yang berobat usia anak-anak kurang dari 7 tahun. Terlihat juga beberapa orang dewasa dan lansia yang berobat di posko kesehatan yang didirikan Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk ini.

Para pasien banyak mengeluhkan penyakit kulit berupa gatal-gatal dan kutu air. "Banyaknya itu gatal-gatal, karena kemarin kan pada main di air banjir. Kan itu airnya kotor. Banyak juga yang kutu air," ujarnya.

Selain penyakit kulit, banyak anak-anak yang terserang Ispa atau infeksi saluran pernapasan seperti batuk dan pilek. Di antara warga juga terkena diare. Setiap anak yang berobat ke posko kesehatan, selain mendapat pengobatan gratis juga mendapat 2 bungkus biskuit dan susu gratis.

"Kan makanan bergizi sulit didapat di saat banjir, jadi kami berikan kepada anak di usia tertentu. Ini juga sudah menjadi program puskesmas sejak lama, namanya MPASI," pungkas perempuan berkacamata itu. (Rmn/Mut)

Baca juga:

Diusir Satpol PP, Pengungsi Banjir di Rel Balik ke Rumah
Jokowi Ingin Sodetan Katulampa-Cisadane Cepat Dilakukan
Tenda Pengungsi Banjir di Bantaran Rel Dibongkar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini