Sukses

[VIDEO] Katulampa Siaga 4, Warga Ciliwung Tetap Waspada

Warga bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, diminta waspada kiriman air dari Bendungan Katulampa yang akan datang dalam waktu 8 jam mendatang.

Hujan yang kembali mengguyur kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengakibatkan ketinggian air di Bendungan Katulampa, Rabu pagi tadi terpantau kembali naik ke level 80 centimeter atau berada di status siaga 3, setelah sempat turun ke level 50 cm atau berstatus normal malam tadi.

Untuk menghindari luapan air, petugas membuka pintu air yang berada di samping bendungan utama. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (15/1/2014), kondisi ini mengakibatkan 8 jam lagi diperkirakan sebanyak 90 ribu liter air per detik akan masuk ke Ibukota melalui aliran Kali Ciliwung.

Hal ini tentunya menjadi peringatan agar warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung waspada. Sebab, banjir akan kembali menggenang.

Sementara di kawasan Puncak, Bogor, hingga kini hujan dengan intensitas sedang masih terus mengguyur. Kondisi ini diperkirakan akan membuat ketinggian air di bendungan peninggalan kolonial Hindia Belanda itu bisa berubah secara ekstrem.

Kabar terbaru menyebutkan, siang ini ketinggian air di Bendungan Katulampa telah turun lagi menjadi siaga 4. Kendati demikian, warga di lokasi yang terbiasa terkena banjir diharapkan tetap waspada.

2 Hari setelah banjir menggenangi Ibukota, berbagai jenis sampah terus menumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Hal ini membuat petugas harus bekerja keras membersihkan sampah.

Bila tidak segera dibersihkan arus air akan terhambat, bahkan bisa menimbulkan banjir. Terlebih dalam beberapa hari ke depan diperkirakan hujan masih akan turun. Sementara, ketinggian air di Manggarai saat ini mencapai 750 cm dengan dalam status siaga 3 atau waspada. (Ans/Ism)

Baca juga:

Air Bendungan Katulampa Naik Lagi... Siaga IV
Banjir Jakarta Mulai Surut, Semua Sungai Aman
Bogor Diguyur Hujan, Bendungan Katulampa Kembali Siaga IV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini