Sukses

Air Bendungan Katulampa Naik Lagi... Siaga IV

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Kamis dini hari ini mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa naik.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Rabu dini hari ini mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat kembali naik mencapai ketinggian 80 cm atau tahap Siaga IV. Padahal kondisi ketinggian di bendungan tersebut sebelumnya sempat turun menjadi 60 cm atau level Normal.

Kepala Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung sempat mengalami penurunan pada Rabu dini hari pukul 01.00 WIB dini hari, menjadi 60 cm. Namun di wilayah Puncak seperti Rindu Alam, Taman Safari dan Gadog, turun hujan sejak pukul 04.00 WIB pagi, hingga mengakibatkan ketinggian air naik lagi.

Andi mengatakan, volume air yang mengalir diperkirakan di Sungai Ciliwung sebanyak 90 ribu liter per detik. "Kemudian kita tutup pintu air ke yang ke arah kali baru timur," jelasnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (15/1/2014).

Dia menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau Andi.

Pantauan Liputan6.com, Rabu pagi ini, cuaca di wiayah Bogor saat ini masih terang berawan. Bila kembali terjadi hujan selama beberapa jam ke depan, kemungkinan volume air akan bertambah. (Riz/Sss)

Baca juga:

Pengamat: Rekayasa Cuaca Bak Matikan Keran Air Bersih Jakarta
Banjir Jakarta Mulai Surut, Semua Sungai Aman
Pengungsi Banjir di Rel Kereta Pesing Belum Mendapat Bantuan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.